Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 11 Oktober 2018 / Redaksi

5 Cara untuk Tingkatkan Produksi ASI

Ketika produksi ASI ternyata kurang dari yang dibutuhkan, Moms tentu akan merasa resah. Tidak jarang hal tersebut bahkan membuat Anda berpikir untuk menggunakan susu formula. Padahal, semua Moms pasti dapat memenuhi kebutuhan bayinya akan ASI.

 

Sayangnya, keadaan seperti stres, kurang beristirahat, serta diet yang ketat dapat memengaruhi produksi ASI. Untuk mengatasinya, lakukan 5 cara ini yang dapat meningkatkan produksi ASI Anda, Moms.

 

1. Merawat Payudara

Jika produksi ASI berkurang, lakukanlah pijat payudara. Caranya, kompres payudara dengan air hangat terlebih dahulu dan siapkan baby oil untuk memijat. Sangga bagian bawah payudara dengan tangan kiri. Gunakan 2 jari tangan kanan dan buatlah gerakan memutar, dari area luar payudara ke arah puting. Lakukan sampai seluruh area payudara terpijat. Selanjutnya, tetap gunakan 2 jari tangan, buatlah gerakan lurus dari area luar payudara ke arah puting. Lakukan sampai seluruh area payudara terpijat. Setelah semuanya dilakukan, bilas payudara menggunakan air dingin dan mulailah memompa atau menyusui.

 

2. Manyusui Sesering Mungkin

Menyusui bayi secara langsung merupakan salah satu cara meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand. Artinya, tubuh memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi. Jadi, semakin sering Anda menyusui Si Kecil, semakin banyak pula produksi ASI.

 

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Meningkatkan produksi ASI bisa didukung oleh konsumsi makanan yang bergizi. Sayuran hijau seperti bayam yang mengandung phytoestrogen dapat meningkatkan produksi ASI. Daun katuk juga dapat Anda coba, karena mengandung laktagagum yang berguna untuk menambah produksi ASI. Selain sayur, coba konsumsi kacang mete dan almond. Jangan lupa juga untuk makan buah setiap hari, karena vitamin dalam buah baik untuk bayi Anda.

 

4. Istirahat Cukup

Kelelahan dapat menurunkan produksi ASI. Karenanya, luangkanlah waktu untuk beristirahat. Anda juga dapat melakukan spa treatment agar tubuh semakin relaks. Mintalah pasangan untuk memijat lembut bagian pundak dan punggung Anda.

 

5. Gunakan Alat Kontrasepsi Ramah ASI

Pil KB laktasi saat ini sudah tersedia untuk para Moms yang ingin menunda kehamilan, namun tetap memproduksi ASI. Pil ini umumnya efektif mencegah kehamilan bagi ibu menyusui. Pemilihan pil KB laktasi pun tidak akan mengubah rasa atau kualitas ASI sama sekali. Dengan begitu, Anda tetap dapat memberikan ASI dengan kualitas baik untuk Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

5 Tips Menggunakan Breast Pump untuk Ibu Menyusui

Teknik Pijat Payudara untuk Memperlancar ASI

Bayi Menolak Menyusu? Atasi dengan Tips Ini, Moms



OTHER ARTICLES

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan

4 Hal Penting untuk Hindari Siblings Rivalry