Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 11 Oktober 2018 / Redaksi

Ide Tempat Nyaman di Rumah untuk Menyusui

Setelah buah hati Anda lahir, tugas Moms sebagai ibu baru akan disibukkan dengan kegiatan mengurus Si Kecil, termasuk menyusuinya. Agar proses pemberian ASI pada bayi Anda berlangsung lancar, Anda pun tentu harus merasa nyaman dan berada di tempat yang nyaman saat menyusuinya.

Tidak perlu menyediakan satu ruangan khusus untuk menyusui, tapi cukup siapkan sebuah sudut yang nyaman bagi ibu dan bayi. Menyusui, di mana saja pun bisa! Ini beberapa ide untuk nursing spot Anda, Moms.

Cozy Up!

Hal yang paling penting dibutuhkan saat menyusui adalah tempat duduk yang nyaman. Oleh karenanya, perhatikan pemilihan kursi yang tepat. Single seat sofa dengan dudukan tangan atau arm rest adalah pilihan yang terbaik. Dan jangan lupa menambahkan bantal-bantal empuk dalam balutan warna yang menarik sebagai sandaran punggung atau pengganjal tangan.

At Your Room

Sediakan sebuah sudut khusus di kamar tidur Anda sebagai nursing spot. Sebuah armchair, dudukan kaki, dan bantal yang nyaman dapat membantu Anda menyusui Si Kecil sambil berisitirahat nyaman di kamar Anda. Jangan lupa menambahkan sebuah lampu sudut atau lampu baca, sehingga Anda tidak perlu menyalakan lampu besar di kamar. Bila perlu, beri pembatas atau room divider agar nursing area yang mungkin kurang rapi tidak mengganggu tampilan ruang secara keseluruhan.

Private Setting

Yang paling mudah dan praktis adalah menempatkan nursing area di dalam kamar Si Kecil. Letakkan sebuah armchair atau single seat sofa di dekat tempat tidur. Jangan lupa menyediakan sebuah puff untuk dudukan kaki saat menyusui. Sebagai pilihan lain, gunakan sebuah sofa panjang.

Multi Tasking

Sambil mengawasi sang kakak bemain atau belajar, Anda tetap dapat menyusui si adik. Sediakan sebuah area yang nyaman di dalam kamar bermain atau kamar si kakak dengan armchair, bangku kecil yang juga berfungsi sebagai side table untuk meletakkan breast pump, buku, atau minuman. Bila perlu, sediakan sebuah meja atau lemari pendek yang bagian atasnya dapat dialihfungsikan untuk changing table jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.

Family Gathering

Jadikan ruang keluarga sebagai area berkumpul sekaligus nursing spot yang nyaman. Sambil menyusui, Anda pun bisa tetap bercengkerama dengan keluarga, mengobrol, atau menonton televisi. Kuncinya adalah menyediakan area duduk yang membuat seluruh anggota keluarga merasa betah. Sebagai pilihan, sofa L atau sofa U, lengkap dengan dudukan kaki plus bantal-bantal yang empuk bisa ditaruh di sana.


Selamat menyusui Si Kecil dengan nyaman, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

5 Tips Menggunakan Breast Pump untuk Ibu Menyusui

Bayi Menolak Menyusu? Atasi dengan Tips Ini, Moms

Mengatasi Masalah Bayi Menyusu pada 1 Payudara saja



OTHER ARTICLES

Terlalu Bersih Ternyata Tidak Selamanya Baik untuk Bayi

Cara Cerdas Belanja Bulanan

The Great 50 Show

3 Mitos Tentang Wanita dan Uang yang Perlu Moms Ketahui

Amankah Menikmati Makanan Pedas saat Hamil?