Mother&Baby Indonesia
Teknik Pijat Payudara untuk Memperlancar ASI

Teknik Pijat Payudara untuk Memperlancar ASI

Memijat payudara adalah praktik yang cukup terkenal tapi sering diabaikan. Padahal ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh saat memberikan pijatan buat payudara. Salah satunya adalah saat Moms sedang dalam masa menyusui. Pijat payudara semasa menyusui bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran dan memperlancar produksi ASI.

 

Texas Institute of Functional Medicines menuturkan memijat payudara adalah tindakan mengurut dan membelai payudara secara perlahan dengan menggunakan tekanan ringan hingga sedang.



 

Pemijatan payudara saat masa menyusui bertujuan untuk menguatkan dan melenturkan puting susu dan merangsang kelenjar-kelenjar air susu untuk merangsang dan meningkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara. Dalam melakukan pijat payudara, Moms bisa melakukannya seorang diri atau dengan meminta bantuan pasangan.

 



Berikut ini teknik pijat payudara yang bisa Anda praktikkan:

1. Cucilah tangan sebelum memijat. Tuangkan baby oil ke telapak tangan.

2. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Pijat mulai dari bagian tengah, lalu menuju ke atas mengelilingi payudara. Ketika sampai di bagian bawah payudara, angkat, kemudian lepaskan perlahan-lahan. Lakukan 30 kali pada masing-masing payudara.

3. Sangga payudara di bawah dengan salah satu tangan. Kepalkan tangan Anda, kemudian urut perlahan bagian atas payudara (dari tepi luar ke arah dalam) dengan bagian bawah tangan yang dikepalkan (bukan dengan buku jari). Lakukan gerakan tersebut dengan lembut, minimal 30 kali. Kompres kedua payudara dengan waslap hangat selama 2 menit. Kemudian, ganti dengan waslap dingin selama 1 menit. Kompres bergantian sampai 3 kali berturut-turut, akhiri dengan kompres hangat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: pijat payudara,   memperlancar asi










Cover April 2020