Home - Keluarga - Keuangan Keluarga / 29 Oktober 2018 / Redaksi

Mempersiapkan Anggaran untuk Menambah Anak

Setelah menikah dan berkeluarga, Anda dan pasangan pastinya punya rencana untuk memiliki anak. Dan jika sudah ada anak, Anda berdua mungkin sering membahas keinginan untuk menambah momongan. Rencana memiliki atau menambah anak tentunya akan berkaitan erat dengan kondisi keuangan rumah tangga Anda, karena Anda perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk dengan keadaan finansial Anda. 


Nah Moms, jika Anda berencana memiliki anak atau ingin menambah momongan, berarti Anda harus segera mempersiapkan anggaran untuk menyambut kehadirannya. Inilah yang harus Anda lakukan seperti dikutip dari buku Make It Happen! yang ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, ahli perencana keuangan dari ZAP Finance.




Kebutuhan Dasar adalah Prioritas

Antusiasme menanti kehadiran Si Kecil terkadang membuat orang tua atau calon orang tua lupa menggunakan uang secara bijaksana. Padahal banyak hal yang harus diperhatikan, seperti cek kesehatan selama hamil, biaya berobat jika ada penyakit terdeteksi, dan melakukan USG kehamilan. Semua itu merupakan kebutuhan dasar yang harus dijadikan prioritas, Moms dan Dads.


Beli atau Sewa

Terkadang, antusiasme memiliki bayi membuat orang tua ingin membeli perlengkapan yang paling baik buat calon buah hatinya. Yang ada, saat Anda hamil, semua perlengkapan bayi, tidak peduli apakah nanti akan terus diperlukan atau tidak, akan Anda beli. Moms mungkin tahu bahwa beberapa perlengkapan bayi seperti boks bayi, stroller, baby tafel atau meja ganti popok bayi, dan bouncer hanya digunakan oleh bayi hingga usia tertentu. Nah, daripada membeli, lebih baik sewa saja barang-barang tersebut, Moms.




Pahami Benefit Perusahaan

Jika Anda bekerja, pahami kebijakan perusahaan yang diberikan untuk wanita hamil. Begitu pula dengan peraturan perusahaan pasangan Anda. Misalnya, apakah kantor Anda dan pasangan mengganti 100 persen biaya persalinan atau tidak. Jika tidak, berarti Anda dan pasangan perlu menyiapkan anggaran tambahan.


Jasa Perawatan Anak

Apabila Anda dan pasangan sama-sama bekerja, Anda tentu membutuhkan jasa dan bantuan dari seorang perawat. Anda bisa menggunakan jasa babysiter atau melatih asisten rumah tangga untuk mengurus Si Kecil. Karena itu, anggaran yang perlu dikeluarkan untuk membayar jasa seorang babysitter atau pengasuh anak pun perlu Anda pertimbangkan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Rumus Siasati Anggaran Biaya untuk Kecantikan Moms

4 Tips Jitu Menghemat Belanja Bulanan Keluarga

5 Sumber Masalah Keuangan yang Perlu Moms Perhatikan

OTHER ARTICLES

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an

Anak Punya Victim Mentality? Begini Mengatasinya, Moms