Mother&Baby Indonesia
Mengasuh Anak dengan Metode Positive Parenting

Mengasuh Anak dengan Metode Positive Parenting

Kesuksesan tumbuh kembang anak di masa depan sangat ditentukan oleh peran orang tua. Terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan orang tua agar dapat menjadi orang tua yang selangkah lebih maju. Di antaranya adalah secara aktif menggali dan mengembangkan potensi anak, memberi nutrisi tepat, memastikan pendidikan terbaik, dan merencanakan masa depannya, khususnya secara finansial.


Dalam mengembangkan potensi tersebut, diperlukan pola pengasuhan positve parenting. Ini adalah pola pengasuhan yang menghargai sudut pandang anak. Sikap positif tersebut dapat membantu orang tua dalam menerapkan disiplin secara efektif dan menciptakan interaksi menyenangkan antara orang tua dan anak.




Lalu, bagaimana cara menerapkannya? Moms bisa mencoba dengan memberikan pujian pada saat anak bertindak benar untuk memotivasi serta membangun kepercayaan diri. Anda pun dapat menegur anak dengan lembut ketika berbuat kesalahan. Hal ini bisa diterapkan dengan memberikan pengertian mengenai dampak dari tindakan yang dilakukan.

 

Cara Melakukan Positive Parenting

Pengasuhan secara positif ini tidak hanya muncul dari pola pikir, namun juga tindakan. Karena itu, Moms harus mengetahui dulu cara melakukan positive parenting berikut ini:

1. Menjadi role model yang baik bagi Si Kecil. Beri ia contoh yang nyata dengan melakukan tindakan teladan itu sendiri.

2. Mengendalikan perkembangan anak. Kenali perkembangan fisik, psikis, emosi, dan sosialnya untuk memahami tumbuh kembangnya.

3. Meluangkan waktu berkualitas dengan Si Kecil. Secara rutin, sediakan waktu khusus untuk bermain atau beraktivitas dengan anak.



4. Memberi penghargaan. Beri ia apresiasi yang tepat untuk hal-hal positif, karena anak membutuhkan apresiasi dari orang tuanya.

5. Mengajarkan pentingnya konsekuensi. Penting bagi Si Kecil untuk memahami konsekuensi dari tindakannya, asalkan masih dalam batas aman. Pastikan juga konsekuensi ini bisa dimengerti olehnya untuk pembelajaran.

6. menanamkan nilai-nilai kehidupan. Ajarkan sopan santun, tolong-menolong, berbagi, saling mengasihi, dan toleransi.

7. Menciptakan komunikasi yang efektif. Ajarkan ia untuk menghargai pendapat, bekerja sama dengan mencari solusi bersama jika menemui kesulitan. Berkomunikasilah dengan baik, sampaikan pesan dengan jelas, tapi juga dengarkan dengan hati jika Si Kecil memiliki pendapat.

8. Bersikap tegas, disiplin & konsisten. Pastikan aturan yang jelas dan telah disepakati bersama. Jika salah satu orang tua tidak setuju, jangan bertengkar di depan anak. Jika ada konsekuensi, sampaikan dan sepakati sejak awal, guna mendorong anak agar menjadi mandiri.

 

Jadi, yuk Moms dukung tumbuh kembang Si Kecil dengan positive parenting dengan disertai pemberian nutrisi yang tepat, agar ia tumbuh menjadi anak yang selangkah lebih maju. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   positive parenting,   pengasuhan,   anak










Cover April 2020