Mother&Baby Indonesia
4 Hal Penting untuk Hindari Siblings Rivalry

4 Hal Penting untuk Hindari Siblings Rivalry

Jika dalam keluarga Anda memiliki dua atau lebih anak, salah satu yang dikhawatirkan adalah munculnya persaingan antara kakak dan adik atau biasa diistilahkan dengan sibling rivalry. Untuk mengatasi hal tersebut, peran orang tua dibutuhkan agar bisa seimbang dalam mendidik serta menjadi pembimbing bagi Si Kakak dan Si Adik.


Hal ini memang tidaklah mudah, namun Moms harus bisa melakukannya. Sebab, kecemburuan kakak-beradik dapat mengganggu tumbuh kembang mereka masing-masing. Apa saja yang bisa dilakukan? Tengok 4 langkah sederhana dari Mother&Baby Indonesia berikut ini:



1. Mengenal watak keduanya. Meskipun memiliki selera yang sama, setiap anak pasti memiliki kebutuhan berbeda-beda. Karena itu, bersikap adil lah kepada anak-anak Anda.

2. Meluangkan waktu. Berikan waktu kepada setiap anak untuk melakukan sesuatu yang disukainya tanpa diganggu oleh saudaranya. Misalnya, Si Kakak lebih suka bermain ke luar rumah, sementara Si Adik lebih suka menonton film kartun di rumah. Hindari memaksa mereka melakukan hal yang sama hanya demi untuk mempermudah pengawasan Anda pada keduanya.

3. Memberikan privasi. Sesekali biarkan Si Kecil bermain-main dengan mainan favoritnya tanpa harus merasa perlu berbagi dengan saudaranya. Hal ini bisa bermanfaat untuk membentuk kepribadian Si Kecil.



4. Melakukan kegiatan yang melibatkan semua anggota keluarga. Kegiatan ini untuk menjaga keharmonisan dan kasih sayang antara orang tua dan anak-anak.


Dari keempat hal di atas, yang paling terpenting adalah orang tua juga sebaiknya mampu menyeimbangkan porsi dalam memenuhi kebutuhan Si Kecil. Meskipun keinginan dan perilaku kedua anak berbeda, Anda harus bisa menyesuaikan diri untuk ‘meladeni’ keduanya. Semoga berhasil, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   sibling rivalry,   mum know best








Cover Januari - Februari 2020