Mother&Baby Indonesia
Tips Sukses Membuka Usaha Sendiri

Tips Sukses Membuka Usaha Sendiri

Seorang ibu rumah tangga umumnya identik dengan perannya sebagai seorang istri yang bertugas dalam merawat anak dan mengurus rumah.

Banyak orang yang berpendapat bahwa ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Hal ini 100 persen salah. Zaman telah berubah, Moms. Saat ini, ada banyak ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan keluarga.

Bisnis rumahan merupakan salah satu bisnis yang cocok dijalani ibu muda zaman now. Ini merupakan peluang besar memulai bisnis baru dengan modal yang sedikit tetapi mendapatkan untung yang banyak.

Nah, buat Moms yang ingin membuka usaha, namun masih ragu melakukannya karena tidak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa simak tips berikut ini untuk membantu Anda.

1. Harus Realistis

Jalani usaha yang Anda sukai. Jika Anda suka memasak, lakukan bisnis katering, atau kalau Anda suka mendesain pakaian, bukalah butik. Lalu, pelajari contoh sukses dari pelaku bisnis tersebut. Meskipun begitu, Anda harus realistis dalam menjalani bisnis dan menyadari perlu waktu untuk mencapai kesuksesan.

2. Maksimalkan Diri Sendiri

Bisnis hanya akan berhasil bagi orang-orang yang mau bekerja keras. Di awal menjalani bisnis, Anda mungkin tidak mampu membayar karyawan. Sehingga harus melakukan segalanya sendiri. Jangan mengeluh! Kerja keras akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.



3. Efisiensi Waktu

Berikan nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp 50.000/jam. Hal ini akan memudahkan Anda jika harus mengambil keputusan. Misalnya, untuk mengirim barang melalui jasa pengiriman, Anda harus membayar Rp 20.000. Sementara jika mengirim sendiri, Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan jasa pengiriman.



4. Hitung Biaya Dasar

Untuk melancarkan usaha Anda, hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi biaya dasar, seperti sewa toko, bayar listrik, belanja bahan baku, dan lainnya. Lalu hitung biaya dasar yang dibutuhkan per bulan.

5. Totalitas

Untuk menjalani usaha, Anda tidak boleh melakukannya setengah-setengah. Anda harus melakukan segala yang terbaik, baik dalam hal promosi hingga melayani pelanggan Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu rumah tangga,   wirausaha








Cover Maret 2020