Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Belanja Bersama

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Belanja Bersama

Ternyata, belanja tidak selamanya negatif. Jika dilakukan bersama anak, banyak manfaat positif untuk mereka. Salah satunya menjadi bijaksana dalam mengeluarkan uang dan bertanggung jawab. Anggota Tiga Mami Kece, Cisca Becker, Ajeng Hendarmin, dan Ivy Batuta pun membagikan pengalaman berbelanja mereka bersama Si Kecil.

Momen Bonding

Belanja bersama anak-anak merupakan salah satu cara Cisca untuk bonding dengan anak-anaknya. Ia pun sudah sering mengajak Si Kecil berbelanja bersama sejak usia mereka 1 tahun. Dari kegiatan tersebut, Cisca ingin keduanya belajar bahwa dalam hidup harus memilih, bertanggung jawab pada pilihan, dan hemat.
“Jika mereka bersikeras memilih barang yang tidak dibutuhkan atau terlalu mahal, saya akan mengajak mereka berpikir ulang dan mengatakan kalau saya harus mencari uangnya dulu. Jadi, mereka mengerti bahwa kita harus bijaksana dalam mengeluarkan uang,” ujar Cisca.
Agar Si Kecil tidak cranky saat diajak belanja, Cisca menyarankan mengajaknya belanja dalam kondisi tidak mengantuk, capek, ataupun lapar. Jika ia menangis karena memaksa dibelikan sesuatu, ajak ke tempat yang tenang lalu bicara dengan lembut.

Mengenal Prioritas

Bagi Ajeng, sangat penting mengajarkan kepada anak-anaknya bahwa ada prioritas dalam berbelanja. Ia pun mengajarkan kepada Si Kecil bahwa tidak selamanya yang dipakai adalah barang yang mahal atau bermerk.
Saat akan berbelanja, Ajeng menganjurkan agar membuat perencanaan terlebih dahulu. Katakan kepada Si Kecil, kita akan berbelanja di mana dan apa saja barang yang boleh dibeli. Jadi, negosiasi tidak terjadi di tempat belanja, yang biasanya malah berujung tangisan.
“Buat juga kesepakatan kalau ia rewel dan tidak menurut, maka kita batal belanja dan pulang,” tutur Ajeng. Jadi Anda pun sekaligus bisa mengajarkannya juga untuk bernegosiasi sejak dini.





Belajar Mengatur Keuangan

Menurut Ivy, seorang ibu harus cermat dalam mengatur pengeluaran. Karenanya, ia mengaku tidak masalah belanja di mana saja, asalkan barang-barangnya berkualitas baik. Meski berstatus selebriti, Ivy tidak gengsi mengajak Si Kecil berburu pakaian di toko-toko pakaian tidak bermerk.
“Kalau bisa mendapatkan barang bagus dengan harga miring, mengapa tidak?” katanya. Yang penting, pakaian yang dibeli harus menyerap keringat dengan baik, tidak terlalu banyak aksesoris, dan sebisa mungkin tidak berwarna putih. “Sayang kalau baru dipakai sudah kelihatan dekil,” ujar Ivy. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   belanja,   belajar,   keuangan








Related Article