Home - Keluarga - Mums Know Best / 11 Oktober 2018 / Redaksi

10 Poin Penting dalam Memilih Stroller untuk Anak

Salah satu perlengkapan yang mesti dipersiapkan orang tua saat baru memiliki bayi adalah kereta dorong atau stroller. Meskipun begitu, Moms tidak boleh sembarangan memilih stroller untuk buah hati Anda. Apalagi jika stroller tersebut akan dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan saat memilih stroller untuk Si Kecil. Ada banyak jenis stroller yang beredar di pasaran. Moms tidak hanya perlu memilih stroller yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil, tapi juga dengan kebutuhan Anda. Begitu banyak ragam stroller yang berbeda jenis, fungsi, kapasitas, fitur, dan harga tentunya.

Nah, berikut ini 10 poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan saat menentukan stroller yang sesuai untuk anak.

1. Pastikan stroller pilihan Anda mendapat sertifikat keamanan, misalnya dari JPMA (Juvenile Products Manufacturers Association).
2. Pilih stroller yang palang pegangannya setinggi pinggang Anda atau sedikit lebih rendah. Jika Anda dan suami memiliki tinggi badan yang cukup jauh perbedaannya, Anda bisa pilih palang yang dapat disesuaikan ukurannya.
3. Perhatikan apakah stroller pilihan Anda memberikan ruang ekstra untuk menaruh barang Anda dan Si Kecil.
4. Untuk melindungi Si Kecil dari debu, serangga, dan panas matahari, sebaiknya Moms memilih stroller yang mempunyai kanopi atau cover.
5. Cek bagaimana kursi stroller bisa diatur, seberapa banyak mode pengaturannya agar Si Kecil merasa nyaman saat ditaruh di dalam stroller.
6. Sabuk pengaman untuk Si Kecil jadi satu fitur penting dalam memilih stroller. Pastikan sabuk yang ada di stroller mampu melindungi bahu, selangka, dan kaki Si Kecil.
7. Rem harus yang mudah digunakan dan memang mematikan roda.
8. Stabilitas menjadi hal utama untuk keamanan Si Kecil. Titik kunci stabilitas akan mencegah stroller mendadak terlipat.
9. Cek apakah stroller mudah digerakkan. Apakah roda-rodanya bergerak sempurna, sehingga saat Anda sedang sangat repot, Anda tetap bisa mendorong stroller hanya dengan menggunakan 1 tangan. Meskipun begitu, perlu diperhatikan, saat mendorong stroller, sebaiknya gunakan kedua tangan Anda untuk menjaga kestabilan stroller.
10. Kebersihan adalah hal penting. Stroller Si Kecil haruslah mudah dibersihkan agar ia tetap sehat. Karena itu, pilihlah stroller yang memiliki material dan bahan mudah dicuci serta dibersihkan.

Nah, pastikan poin-poin tersebut ada dalam stroller yang akan Anda pilih. Selamat memilih stroller untuk Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Jenis-Jenis Stroller yang Perlu Anda Tahu

Tips Memilih Mainan Tepat buat Anak

Kiat Orang Tua Bicara tentang Pelecehan pada Anak



OTHER ARTICLES

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan

4 Hal Penting untuk Hindari Siblings Rivalry