Mother&Baby Indonesia
10 Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

10 Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Seperti yang kita tahu, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk dirinya dan janin dalam kandungan. Asam folat, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin ini bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral selain buah adalah sayuran. Anda pun wajib mengonsumsinya setiap hari, dengan takaran 250-500 gram sayur setiap hari. Pastikan juga untuk mengombinasi dan memvariasikannya agar manfaat yang didapat maksimal. Berikut ini 10 sayuran yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.


1. Bayam

Kebutuhan asam folat dan zat besi bisa Anda dapatkan dari sayur bayam. Kandungan vitamin A, C, dan K juga termasuk di dalam sayur hijau dan segar yang dijadikan sebagai sayur bening ini. Selain bayam, sayur hijau lain seperti kailan atau sawi juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil.



sayur bayam untuk ibu hamil


2. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat. Zat tersebut juga membantu melindungi tubuh dari kanker. Untuk menjaga nutrisinya, potong brokoli kecil-kecil, lalu diamkan selama 5 menit dalam air yang diberi sedikit garam, untuk mematikan kuman atau hewan jika ada di dalamnya. Kemudian masak sebentar agar nutrisi tetap aman.

sayur brokoli untuk ibu hamil


3. Paprika

Sayur yang bisa dijadikan sebagai pengganti cabai ini nyatanya mengandung vitamin C. Bahkan kadarnya lebih tinggi daripada buah jeruk. Vitamin C sendiri dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Agar tidak terasa pedas, Anda bisa membuang biji paprika saat hendak memasaknya.

sayur paprika untuk ibu hamil


4. Bit

Meski sering disebut buah bit, namun jenis sayur satu ini adalah yang paling bernutrisi di dunia. Kandungan ‘ajaib’ di dalamnya dapat memurnikan darah selama masa kehamilan. Selain vitamin C, asam folat, dan zat besi yang tinggi, bit juga akan menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil.

sayur bit untuk ibu hamil


5. Buncis

Sayur buncis mengandung vitamin K, protein, dan juga serat yang cukup tinggi. Ibu hamil juga terbebas dari risiko konstipasi dan sakit kepala yang mungkin menyerang. Kesehatan tulang juga lebih baik jika mengonsumsi buncis.

sayur buncis untuk ibu hamil




6. Tomat

Buah tomat yang tergolong sayuran ini memang mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Dan untuk ibu hamil, manfaat vitamin C dan zat besi yang tinggi dapat mencegah kerusakan sel selama kehamilan.

sayur tomat untuk ibu hamil


7. Wortel

Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel. Warna oranye yang terang mengandung banyak betakaroten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Antioksidan yang tinggi juga sangat diperlukan ibu hamil untuk menangkal radikal bebas. Wortel juga mengandung kalsium bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi bayi. Sistem imun ibu juga lebih kuat selama kehamilan. Risiko bayi kuning juga berkurang, serta meningkatkan kualitas ASI saat menyusui.

sayur wortel untuk ibu hamil


8. Kacang-kacangan

Protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan. Manfaatnya dapat membantu perkembangan otot dan saraf pada janin. Kandungan kalsiumnya juga membantu pembentukan tulang dan gigi janin selama dalam kandungan. Kacang yang baik dikonsumsi adalah kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai. 

kacang kacangan untuk ibu hamil


9. Terong Ungu

Kandungan asam folat dalam terong ungu bermanfaat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Tak hanya itu, kandungan dalam sayur ini juga sangat banyak. Seperti zat besi, kalori, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

sayur terong untuk ibu hamil


10. Daun Katuk

Setelah memasuki trimester akhir, ibu hamil disarankan mengonsumsi daun katuk. Kadar prolaktin dalam daun katuk sangat tinggi. Manfaatnya, dapat meningkatkan, mempercepat, serta melancarkan produksi ASI. Kandungan alkaloid, sterol, flavonoid, tanin, vitamin C, dan Vitamin A juga cukup tinggi pada daun katuk.

daun katuk untuk ibu hamil

(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Pixabay)



Tags: nutrisi,   sayur,   ibu hamil,   kehamilan,   janin








Cover Januari - Februari 2020