Mother&Baby Indonesia
Rahasia Warna ASI yang Moms Wajib Tahu

Rahasia Warna ASI yang Moms Wajib Tahu

Ternyata ASI bisa memiliki banyak warna lho, Moms. Mungkin Anda akan terkejut dalam beberapa waktu selama proses menyusui, karena akan menemukan warna ASI berbeda dengan warna normal. Seperti apa warna ASI? Berikut beberapa rahasia warna ASI yang wajib Anda tahu, Moms.

Putih Bening

Secara umum, ASI cenderung berwarna putih bening pada awal produksinya. Inilah yang disebut dengan foremilk, yaitu ASI dengan kandungan lemak yang rendah. Seiring dengan waktu menyusu Si Kecil yang bertambah, lama-kelamaan, foremilk akan menjadi hindmilk, yaitu ASI yang mengandung lemak tinggi. Hal ini membuat ASI menjadi lebih kental dan putih.

Hijau

Jenis makanan tertentu, obat-obatan, dan suplemen tambahan yang dikonsumsi ibu menyusui bisa mengubah warna ASI. ASI berwarna hijau biasanya dipengaruhi oleh makanan ibu, seperti bayam dan sayuran hijau lain. Warna ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi suplemen dan obat-obatan.



Hitam

ASI yang berwarna hitam biasanya disebabkan oleh konsumsi antiobiotik tertentu.



Merah, Oranye, Cokelat, dan Pink

Sedangkan untuk ASI berwarna merah, oranye, cokelat, dan pink dipengaruhi oleh warna alami makanan yang dikonsumsi ibu. Tak hanya ASI, bahan-bahan tersebut juga bisa mengubah warna urine Anda dan warna BAB Si Kecil.

Perlu Diingat Nih, Moms!

Walaupun kadang terlihat menyeramkan atau mengejutkan, perubahan warna ASI biasanya hanya dipengaruhi oleh hal-hal yang berhubungan dengan pola makan dan sama sekali tidak berbahaya. Selama proses menyusui, selalu pantau apa yang Anda konsumsi. Dan jika Anda memerlukan konsumsi obat-obatan, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Moms. (M&B/Mondials Anindhita/SW/Dok. Freepik)



Tags: asi,   warna asi










Cover Mei-Juni-Juli 2020