Home - Keluarga - Berita Selebriti / 19 Oktober 2018 / Redaksi

Anak Cynthia Lamusu Alami ROP dan Harus Pakai Kacamata

Penyanyi yang tergabung dalam grup vokal Be3, Cynthia Lamusu baru-baru ini menceritakan kondisi sang anak, Bima. Si Kecil yang bernama lengkap Atharva Bimasena Saputra ini diketahui mengalami ROP atau Retinopathy of Prematurity.


Ini merupakan gangguan mata yang berpotensi kebutaan dan risiko ini bisa terjadi pada anak yang lahir prematur. Inilah yang terjadi pada kembaran dari Ataya Tatjana Aisyah Putri. Kondisi ini pun terjadi pada bayi prematur dengan berat sekitar 1.250 gram atau kurang dan lahir di bawah 37 minggu.




Pemeriksaan retina pada bayi prematur bisa dilakukan mulai usia 2-4 minggu setelah kelahiran. Apabila bayi masih berada dalam inkubator, pemeriksaan dapat dilakukan dengan Retina Camera (RetCam). Proses memeriksa mata Si Kecil dengan alat ini pun terbilang sangat aman dan tidak membahayakan bayi.


Pasca dipakaikan kacamata, Cynthia Lamusu pun mengunggah foto Bima yang mengenakan kacamata berwarna biru, dan menuliskan penjelasan mengenai ROP tersebut. “Gangguan yang biasanya mengenai kedua mata ini menjadi salah satu penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan pada usia dini,” tulisnya di akun Instagram sang anak, @tatjanadanbima.


Lebih lanjut, istri dari Surya Saputra ini mengatakan bahwa dari hasil skrining sebelumnya, Bima didiagnosis menderita AP ROP. Ini merupakan bentuk yang parah dan langka. Kondisi ini ditandai dengan perkembangan cepat ke stadium lanjut, dengan neovaskularisasi datar di zona 1 atau zona 2.




Saat diagnosa tersebut diberikan, Bima pun langsung mendapatkan tindakan khusus dari dokter ahli mata yang menanganinya. Sebab jika tak langsung diberi tindakan, maka risiko terburuk adalah penderita akan mengalami kebutaan.


“Alhamdulillah. Hasil dari tindakan itu berhasil. Ada reaksi baik dari mata Bima. Jadinya Bima terhindar dari kebutaan. Tapi efek sampingnya, ia harus memakai kacamata dan mulai pakai sejak usia 18 bulan,” tambah Cynthia.


Tak lupa ia pun meminta kepada warganet untuk selalu mendoakan Bima agar selalu sehat. Semoga tumbuh kembang Bima dan juga kembarannya, Tatjana bisa selalu baik ya, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Instagram @tatjanadanbima)

 

 


RELATED ARTICLE

Hamil 7 Bulan, Sheza Idris Nekat Pulang Ke Indonesia

Ingin Cepat Punya Anak, Istri Raditya Dika Hamil

Ini Anak-Anak Selebriti yang Rayakan Ultah di September

OTHER ARTICLES

Market & Museum - Letter To Jully

Hari Anak Nasional: Sudahkah Kita Penuhi 10 Hak Anak?

Yuk Moms, Kenali Karakter Anak Berdasarkan Zodiak! (2)

Keluarga Baru Jakarta Aquarium

Oligohidramnion, Kondisi Cairan Ketuban Terlalu Sedikit