Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Memberi Garam dalam Makanan Pendamping ASI?

Bolehkah Memberi Garam dalam Makanan Pendamping ASI?

Saat Si Kecil sudah berusia 6 bulan, Moms dianjurkan untuk mulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Namun, pemberian MPASI juga tidak bisa sembarangan. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, agar nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil cukup.


Contohnya, pemberian garam ke dalam MPASI. Sebenarnya, bayi akan tetap lahap makan hanya dengan rasa alami makanan yang ia konsumsi. Seiring bertambahnya usia, selera makan Si Kecil juga akan berubah. Bila MPASI sudah terasa asin atau manis, pemakaian gula dan garam boleh dilewatkan.




Namun, jika bayi menolak makan karena MPASI terasa hambar, Moms boleh menambahkan sedikit gula dan garam. Berdasarkan panduan dari WHO dan UNICEF, MPASI boleh ditambahkan garam dan gula dalam jumlah sedikit.




Garam merupakan sumber yodium. Kekurangan asupan yodium berisiko mengalami kerusakan otak serta mengganggu tumbuh kembang anak. Atau, Anda bisa menambahkan keju, mentega, beragam racikan bumbu, dan santan agar MPASI terasa enak.


Bumbu-bumbu yang bisa digunakan di antaranya adalah daun sereh, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun pandan. Jadi, Moms bisa memasak beragam makanan agar Si Kecil juga lebih mudah makan. Ia pun dapat mengetahui bermacam-macam rasa dari masakan Anda yang jauh lebih higienis tentunya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   anak,   balita,   mpasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020