Mother&Baby Indonesia
Dinding Kotor Tingkatkan Risiko Diare pada Anak

Dinding Kotor Tingkatkan Risiko Diare pada Anak

Selain gizi yang optimal dan kebugaran tubuh, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan. Terlebih lagi kebersihan lingkungan rumah. Menyapu dan mengepel lantai, merupakan beberapa rutinitas umum menjaga kebersihan rumah. Tapi, tahukah Moms bila menjaga kebersihan dinding juga penting? Dinding yang tidak bersih dapat menyebabkan berbagai penyakit menular pada Si Kecil.

 

Hal ini diutarakan oleh dr. Ulul Albab, SpOG pada kegiatan peluncuran Nippon Spot-Less Plus 2 Oktober lalu. “Tembok dapat menjadi sarang menempelnya bakteri-bakteri penyebab penyakit, seperti Escherichia coli, MRSA, hingga Staphylococcus aureus. Bakteri-bakteri ini bertanggung jawab atas penyakit diare, iritasi kulit, demam, dan infeksi saluran pernapasan,” ujar dr. Ulul.



 

“Tentu hal ini berbahaya bagi anak, karena kita tidak benar-benar bisa menjaga anak untuk tidak menyentuh tembok,” tutur dr. Ulul. Padahal dinding merupakan area paling besar di dalam rumah. Selain itu, dalam perkembangannya dinding seringkali dijadikan medium berkembang Si Kecil. Melukis di dinding, latihan berdiri dan berjalan, serta banyak lainnya.

 

Tak hanya bakteri, dinding rumah juga dapat memengaruhi kualitas udara yang dihirup keluarga, termasuk Si Kecil. “Selain menjadi salah satu medium penularan bakteri, dinding juga memengaruhi kualitas udara di rumah, karena polutan beracun sering ditemui pada cat pelapis dinding,” tutur dr. Ulul. Polutan beracun tersebut bukan lain adalah VOC (Volatile Organic Compound). VOC dapat memicu alergi, iritasi infeksi saluran pernapasan, dan kanker.

 

Belum lagi bila cat dinding rumah mengandung banyak kapur dan mudah mengelupas. Kondisi dinding seperti ini bisa meningkatkan berbagai risiko kesehatan tersebut..



 

Karena itu, kebersihan dan kualitas cat pelapis dinding perlu diperhatikan. Hal inilah yang menjadi alasan Nippon Paint Indonesia meluncurkan produk terbarunya, yaitu Nippon Spot-Less Plus. Memiliki Silver-Ion Technology, cat tembok ini bersifat anti-kuman dan anti-noda. Dengan sifat ini, Nippon Spot-Less Plus mudah dibersihkan dan mencegah bakteri bersarang di tembok rumah Anda.

 

Tak hanya itu, komitmen Nippon Paint menjaga lingkungan sehat bagi keluarga ditunjukkan dengan kerjasamanya bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam program Rumah Sehat. Menurut dr. Ulul, para keluarga Indonesia bisa mengetahui karakteristik rumah yang sehat dengan panduan rumah sehat yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Wah, mulai sekarang jangan lupa perhatikan kondisi dinding Anda ya, Moms! Karena dinding yang bersih berarti lingkungan yang semakin sehat pula. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: lingkungan,   kebersihan,   kesehatan








Cover Maret 2020