Home - Keluarga - Informasi Untuk Ayah / 26 Oktober 2018 / Redaksi

Berikan Dukungan pada Ibu Selama Hamil dan Menyusui

Selama masa hamil hingga menyusui, seorang ibu memerlukan dukungan. Sebab, hal tersebut akan memengaruhi perkembangan Si Kecil selama dalam kandungan dan nutisi dalam ASI terjaga. Supaya kedua hal ini dapat berjalan lancar, dukungan para Dads, tenaga ahli kesehatan, hingga nutrisi sangat diperlukan oleh Moms lho. Tapi bagaimana ya caranya? Dads bisa simak penjelasan dari Mother&Baby Indonesia mengenai hal-hal yang perlu dilakukan untuk mendukung Moms selama masa kehamilan dan menyusui.


Selama Masa Hamil

• Moral dan Tenaga Bantuan



Saat hamil, hormon Moms sedikit berubah, sehingga ia terkadang membutuhkan ketenangan atau sesuatu hal yang dapat membuatnya senang. Peran orang terdekat seperti Dads, orang tua, atau sahabat sangat diperlukan untuk membuat Moms merasa terhibur dengan mengajaknya berbelanja atau membantu membersihkan rumah.

• Tenaga Ahli Kesehatan

Sebagai ibu hamil, berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang berkualitas juga penting untuk memantau perkembangan janin.

• Nutrisi Seimbang

Sejak masa kehamilan, Moms memerlukan nutrisi dari asam folat, vitamin D, zat besi, dan kalsium. Maka, penting untuk selalu mengonsumsi makanan sehat seimbang setiap hari.




Saat Menyusui

• Energi Positif

Beberapa ibu akan mengalami Postpartum Depression dan baby blues setelah melahirkan. Postpartum Depression hanya dialami sebanyak 5-25 persen, sedangkan baby blues mencapai 80 persen. Peran keluarga, khususnya Dads, dapat memberikan ketenangan selama masa menyusui. Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi, mengungkapkan bahwa tenaga ahli kesehatan juga dapat mendukung pemberian ASI dan lingkungan kerja yang memfasilitasi yang sangat diperlukan ibu menyusui.

• Dukungan nutrisi

Moms membutuhkan nutrisi lebih tinggi atau 300 kalori lebih besar daripada kebutuhan wanita normal. Karenanya, pemenuhan nutrisi pun dibutuhkan agar ASI yang diproduksi berkualitas baik untuk Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Persiapan Liburan Menyenangkan bersama Anak

5 Tips Ajak Anak Bermain Air di Kolam Renang Plastik

16 Hal untuk Persiapan Ajak Bayi Berenang

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal

Hati-Hati! Balita Juga bisa Alami Bulimia lho, Moms