Home - Keluarga - Informasi Untuk Ayah / 9 Oktober 2018 / Redaksi

Tips Persiapan Liburan Menyenangkan bersama Anak

Berlibur dengan Si Kecil bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tentunya, jika semua dipersiapkan dengan baik. Tidak hanya soal perlengkapan yang perlu dibawa saja, tetapi juga lokasi tujuan Anda untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga.

 

Banyak hal yang perlu disiapkan ketika akan berlibur dengan Si Kecil. Mulai dari menentukan tempat tujuan, mengecek penginapan, transportasi, dan berbagai hal penting lainnya. Yang juga tak kalah penting adalah mempersiapkan mental Moms dan Dads untuk siap membawa Si Kecil menikmati waktu liburan.



 

Untuk mengatasi hal tersebut, Mother&Baby Indonesia memberikan tips mempersiapkan liburan, yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Yang terpenting, persiapkan rencana liburan sejak jauh hari, sehingga Anda bisa membuat jadwal liburan dengan matang.

 

Cari tahu apa saja hal yang bisa keluarga Anda lakukan di tempat wisata yang dituju. Dan saat menentukan tujuan dan membuat itinerary, libatkan Si Kecil. Minta ia untuk membuat list kegiatan yang ingin ia lakukan di tempat berlibur.

 

Sebaiknya, ajak Si Kecil ke tempat berlibur yang bisa menambah wawasan, misalnya tempat dengan nilai sejarah. Selain itu, ada tujuh hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan, agar liburan terasa lebih menyenangkan.

1. Pembagian tugas dengan suami. Sebelum pergi, sebaiknya Anda dan suami sudah memiliki pembagian tugas yang jelas. Misalnya, siapa yang membereskan barang ketika harus pindah kota, siapa yang bertugas check-in hotel, dan lainnya. Ini dilakukan untuk menghindari perselisihan.



2. Fotokopi paspor. Jika Anda berlibur ke luar negeri, jangan lupa untuk memfotokopi paspor dan memfotonya. Hal ini akan memudahkan Moms dan Dads ketika kehilangan paspor dan harus mengurusnya ke KBRI.

3. Hotel dekat dengan fasilitas umum. Untuk memudahkan Anda selama berlibur, sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan fasilitas umum, seperti apotek, mini market, atau sarana transportasi.

4. Cek cuaca di tempat tujuan. Jika Anda berlibur ke negara dengan 4 musim, periksa cuaca di waktu Anda akan berkunjung. Cek saja di situs Accuweather. Atau Anda juga bisa melihat seperti apa cuaca yang sedang terjadi dengan melihat pakaian yang dikenakan orang-orang di suatu negara lewat foto yang diunggah di Instagram.

5. Urus travel insurance. Ini untuk berjaga-jaga, kalau Moms, Dads, atau Si Kecil jatuh sakit di tempat liburan.

6. Lunasi tagihan kartu kredit. Dengan melunasi kartu kredit sebelum bepergian, Anda bisa leluasa menggunakannya saat ada keperluan mendesak di tempat berlibur.

7. Wajib membawa plastik, diaper, obat-obatan dasar, mainan anak, dan camilan.

 

Kalau semua sudah siap, yuk langsung berangkat berlibur. Let’s go!(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Tips Ajak Anak Bermain Air di Kolam Renang Plastik

16 Hal untuk Persiapan Ajak Bayi Berenang

Kegiatan Menyenangkan Ayah Bersama Batita (3)

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho