Mother&Baby Indonesia
Trik Jitu dalam Memotret Anak

Trik Jitu dalam Memotret Anak

Saat anak tumbuh dan berkembang dengan berbagai tingkahnya yang menggemaskan, Moms pastinya ingin mengabadikan hal tersebut untuk dijadikan kenang-kenangan. Namun, mengabadikan momen dan pertumbuhan Si Kecil dengan menggunakan kamera bukan hal yang mudah. Perlu suasana khusus untuk mendukung keceriaan dan fokus Si Kecil saat pemotretan. Untuk dapat melakukan itu dengan baik, Moms perlu mencoba beberapa tips berikut ini.


Waktu Memotret

Pilih waktu memotret yang tepat. Waktu memotret sebaiknya dilakukan di pagi hari, sekitar pukul 07.00-09.00. Pada saat tersebut, Si Kecil masih dalam kondisi segar, aktif, dan ekspresif karena belum merasa lelah. Jika tidak bisa di pagi hari, pemotretan juga bisa Anda lakukan pada sore hari, sekitar pukul 15.00-16.00, di mana pada saat tersebut Si Kecil sudah tidur siang.




Perhatikan Mood Anak

Tentu saja Si Kecil belum bisa diarahkan untuk berpose sesuai keinginan kita. Jika dipaksa, besar kemungkinan ia akan rewel dan bahkan enggan difoto. Untuk menghindari hal itu, Moms perlu memerhatikan mood Si Kecil, apakah sedang dalam kondisi senang, gembira, atau sebaliknya, rewel. Lakukan pendekatan dengan mengajaknya berinteraksi seperti mengajaknya berbicara atau bermain, sehingga suasana jadi lebih menyenangkan untuknya.


Kenakan Pakaian Nyaman

Ini sangat penting untuk diperhatikan Moms, karena jika Si Kecil mengenakan pakaian yang membuatnya jadi tidak nyaman, bisa jadi ia akan merasa gerah dan risih. Akhirnya, pemotretan malah gagal dilakukan.


Dekorasi dan Kondisi Ruangan

Sebelum memulai foto, siapkan dekorasi yang simpel dan sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Jika Anda ingin foto di dalam ruangan, pastikan sebaiknya suhu di ruangan tersebut tidak panas sehingga bisa menyebabkan anak jadi tidak nyaman. Dan, jika Anda ingin foto di luar ruangan, sebaiknya ambillah foto di pagi hari atau sore hari, di mana suasananya tidak terlalu terik untuk Si Kecil.




Siapkan Mainan

Salah satu pendekatan yang terbilang ampuh agar sukses memotret anak adalah dengan mengajak Si Kecil bermain dan memberikan mainan favoritnya. Dengan memancing Si Kecil lewat mainan kesukaannya tersebut, diharapkan ia bisa menunjukkan ekspresi kegembiraan.


Gunakan Tripod dan Timer

Untuk mempermudah saat pengambilan gambar, gunakan timer atau multi shots shutters (sekali klik dapat menangkap lebih dari satu gambar). Cara ini akan memastikan Anda mendapatkan serial foto Si Kecil yang bagus. Setelah itu, Anda bisa memilih foto yang terbaik yang menangkap ekspresi Si Kecil sesuai dengan yang Anda inginkan.


Selamat mencoba, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   memotret anak








Cover Maret 2020