Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 5 Tips Mengenalkan Membaca pada Anak

Moms, Ini 5 Tips Mengenalkan Membaca pada Anak

Ada banyak hal yang bisa Moms lakukan sebagai proses stimulasi Si Kecil. Salah satunya adalah dengan mengenalkannya pada kegiatan membaca. Ini akan sangat membantunya untuk dapat lancar berbicara.


Membaca memang menjadi salah satu kemampuan anak yang diharapkan orang tua sejak Si Kecil berusia balita. Hal tersebut sangat wajar Moms, karena banyak sekolah dasar yang kini menuntut calon siswanya untuk memiliki kemampuan membaca sebelum ia diterima di sekolah tersebut. Tapi jangan terlalu tergesa, jika usia anak masih terlalu kecil, Moms bisa memulainya dengan membacakan sebuah cerita. Ini dapat menjadi media pengenalan anak pada kata, buku, gambar, dan alur cerita yang nantinya akan mendukung kemampuan membaca anak.




Anak balita yang masih terlalu kecil memang kadang belum bisa menangkap materi apa pun dengan baik. Namun, pengenalan bahasa yang dilakukan dengan membacakan sebuah cerita sejak dini dapat masuk ke memori Si Kecil dan membantunya bisa membaca di masa depan. Apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi kemampuan baca ini? Berikut lima tipsnya:

• Jika Si Kecil sudah memasuki tahapan balita, Anda bisa mengajaknya berdiskusi mengenai cerita yang sedang dibacakan untuknya. Buat ia terlibat dalam setiap lembar buku, seperti menanyakan objek apa saja yang dilihat dan ada beberapa tokoh cerita yang muncul. Lalu, minta pendapatnya mengenai cerita tersebut setelah Anda selesai membaca untuknya.

• Tidak hanya membacakan buku untuk Si Kecil sesering mungkin, Anda juga harus membaca buku untuk diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda menanamkan ide kepada Si Kecil bahwa membaca adalah kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang dan kelak ia akan menirunya.



• Pasang poster alfabet di kamar Si Kecil agar ia mengenal dan akrab dengan bentuk huruf.

• Ajak Si Kecil membaca di mana saja dan kapan saja, mulai dari membaca tulisan di papan reklame, menu di restoran, hingga cover majalah.

• Gunakan permainan saat belajar huruf dan kata, supaya Si Kecil semakin bersemangat. Salah satu caranya adalah Anda dapat mengajaknya bermain tebak-tebakan nama hewan yang berawalan huruf ‘B’.


Usahakan juga agar Moms mengetahui buku favorit Si Kecil. Namun, sediakan juga buku dengan variasi cerita lainnya agar ia tidak bosan, sekaligus mengembangkan kemampuan bahasanya. Tak hanya pintar bicara, membaca, dan bahasa, ia pun akan terbiasa dalam hal belajar. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   membaca,   tumbuh kembang










Cover Mei-Juni-Juli 2020