Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Mengajarkan Balita Bahasa Inggris?

Bolehkah Mengajarkan Balita Bahasa Inggris?

Di era globalisasi ini, menguasai bahasa Inggris jadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Orang tua pun seakan berlomba-lomba mengajarkan bahasa Inggris kepada balita mereka. Kita pun kadang melihat ada balita yang lancar berbahasa Inggris, namun tidak fasih berbicara dalam bahasa Indonesia. Dari sini, lantas timbul pertanyaan, bolehkah mengajarkan balita bahasa Inggris?


Para Moms yang setuju dengan mengajarkan balita bahasa Inggris berpendapat bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Jadi, di zaman ini, semua anak harus bisa berbahasa Inggris dan menjadikannya sebagai bahasa utama. Hal tersebut juga akan sangat berguna untuk masa depan Si Kecil.




Menurut mereka, tidak ada salahnya mengajarkan bahasa Inggris pada Si Kecil dan menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Hal itu akan membantunya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan pergaulan yang lebih luas. Apalagi kini sekolah-sekolah yang bagus biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, sehingga mau tidak mau orang tua mesti menerima kalau saat ini bahasa Inggris menjadi bahasa utama Si Kecil.


Sedangkan para Moms yang tidak setuju menjadikan bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, sebagai bahasa utama anak, berpendapat bahwa Si Kecil perlu mengetahui bahasa Indonesia terlebih dahulu, agar ia tidak mengalami kebingungan dalam penggunaan bahasa sehari-hari.


Menurut mereka, kita tinggal di Indonesia, sehingga komunikasi sehari-hari juga lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa asing seperti bahasa Inggris boleh dipelajari, tapi tidak perlu untuk diutamakan. Jika Si Kecil dibiarkan menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, mereka khawatir ke depannya Si Kecil akan melupakan bahasa 'ibunya'. Jadi bahasa Indonesia tetap harus menjadi yang utama.




Pendapat Ahli

Menurut Dr. David Freeman, Professor of Curriculum and Instruction, dan Dr. Yvonne Freeman, Professor of Bilingual Education dari Amerika Serikat, mengajarkan bahasa asing, tidak hanya bahasa Inggris, pada anak sejak dini memang dianjurkan. Apalagi perkembangan otak Si Kecil sedang berada dalam periode emas, sehingga ia akan mampu menyerap berbagai macam hal, termasuk keterampilan berbahasa.

Namun, Moms juga jangan lupa untuk mengajarkan Si Kecil berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu atau bahasa pertama anak. Ada beberapa alasan mengapa Bahasa Indonesia itu penting:

1. Menumbuhkan rasa nasionalisme anak.

2. Konsep berpikir dan akademis anak akan lebih kuat jika pendidikan awal menggunakan Bahasa Indonesia.

3. Penting untuk perkembangan akademis anak kelak.

4. Kemampuan anak berbahasa asing pun akan lebih efektif jika ia bisa berbahasa Indonesia dengan baik. (M&B/SW/Dok. Freepik)




Tags: balita,   bahasa inggris








Related Article