Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 7 Oktober 2018 / Redaksi

Kenalkan Anak pada Konsep BBM Yuk, Moms!

Penanaman konsep mengelola keuangan sebenarnya bisa dilakukan sejak dini. Hal tersebut akan membuat anak mampu untuk memanfaat penggunaan uang mereka menjadi lebih bijak. Dan caranya bisa dengan mengenalkan konsep dengan istilah BBM.

 

Ini bukanlah Bahan Bakar Minyak, namun merupakan singkatan dari Belanja, Berbagi, dan Menabung. Konsultan keuangan Ligwina Poerwo-Hananto, menyarankan agar konsep BBM ini diajarkan kepada Si Kecil sejak dini. Berikut cara dan manfaatkan mengajarkan BBM, Moms.

 

• Belanja

Hasil penelitian menemukan, anak yang tidak diajarkan belanja sejak kecil akan kesulitan mengontrol hasrat untuk belanja di kemudian hari. Padahal, belanja adalah salah satu kunci sukses untuk menabung!

Untuk hal tersebut, Moms bisa menanyakan kepada Si Kecil tentang rencana penggunaan uangnya, setiap kali ia mendapat uang. Beri kebebasan kepadanya untuk menentukan rencana belanja. Moms bisa memberikan saran keuangan yang tepat untuknya, misalnya soal harga atau referensi barang yang sesuai.

 

• Berbagi

Setelah kebutuhan pribadi terpenuhi, coba ingatkan Si Kecil untuk berbagi. Sebelumnya, Anda harus memberi contoh dahulu mengenai caranya. Ajak Si Kecil ikut serta ketika Anda menyumbang untuk lembaga sosial atau lainnya. Setelah ia tahu arti berbagi, tanyakan rencananya untuk ikut berbagi.

 

• Menabung

Setelah Si Kecil setuju untuk berbagi ‘angpao’ dan telah membelanjakan uangnya, ajarkan ia untuk menabung sisanya. Namun sebelum itu, Moms bisa menjelaskan terlebih dahulu bahwa uang yang terkumpul dapat digunakan untuk hal lain di kemudian hari.

Misalnya, ia dapat membeli mainan impiannya dari uang yang ia tabung. Gunakan celengan dengan bentuk menggemaskan, agar ia semakin semangat menabung atau buatkan rekening atas namanya di bank (rekening khusus untuk anak). (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Tips Melatih Anak Mengikat Tali Sepatu Sendiri

Bolehkah Anak Makan Sambil Jalan-Jalan?

Trik Melatih Anak Belajar Menulis



OTHER ARTICLES

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan

4 Hal Penting untuk Hindari Siblings Rivalry