Mother&Baby Indonesia
Manfaat Bercermin untuk Bayi

Manfaat Bercermin untuk Bayi

Berikan cermin pada bayi, ia pasti akan senang melihat sosok di dalamnya. Dan bermain dengan cermin ternyata memiliki berbagai manfaat buat Si Kecil lho, Moms.


“Pada dasarnya, bayi menyukai wajah dengan ekspresi tertentu, terutama ekspresi yang menyenangkan,” jelas Ari Brown, M.D., penulis buku Baby 411: Clear Answers and Smart Advice for Your Baby's First Years. Hal itu pula yang membuat bayi sangat senang bercermin.




Saat bercermin, bayi di bawah usia 9 bulan belum menyadari bahwa yang ia lihat adalah wajahnya sendiri. Namun ia akan berusaha tertawa, tersenyum, dan menunjukkan berbagai ekspresi lainnya. Ketika usianya mencapai 9 bulan, ia baru mulai menyadari kalau wajah yang selama ini ia pandangi adalah wajahnya sendiri.


Ari Brown mengungkapkan bahwa bayi baru lahir sebenarnya sudah bisa fokus melihat wajah atau benda, namun dengan jarak tidak lebih dari 30 cm. Seiring perkembangannya, di usia 6-8 minggu, ia dapat menirukan ekspresi dan memandang wajahnya di cermin. Kegemaran bayi bercermin ini pun dapat digunakan orang tua untuk menstimulasi segala aspek kecerdasannya.


Manfaat Bercermin

Menurut Ari Brown, bermain cermin akan meningkatkan kemampuan bayi untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.



Melalui cermin, Si Kecil juga belajar mengenali ekspresi dan mengasah kemampuan emosinya. Ia akan memahami ketika tertawa, wajahnya akan terlihat lebih menyenangkan dibandingkan saat cemberut.

Selain itu, bercermin juga akan membuat Si Kecil lebih mengenali diri sendiri dan beberapa anggota tubuhnya. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Seperti yang diketahui, seseorang yang mengenali dan bangga kepada dirinya sendiri akan tumbuh menjadi sosok yang lebih percaya diri ketika harus bertemu dengan orang lain serta berhubungan dengan dunia luar.


Tips Bermain Cermin dengan Bayi

Nah, untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Moms bisa melakukan beberapa tips berikut ini saat bermain cermin dengan bayi.

• Gendong bayi Anda di depan cermin dan tutupi kepalanya dengan selendang. Ketika ia menarik selendang tersebut, ia pun akan terpana melihat wajahnya di cermin. Ciluk, ba!

• Jika Si Kecil sudah berusia 6 bulan, ajak ia untuk bermain ekspresi di depan cermin. Contohkan beberapa ekspresi wajah kepadanya dan biarkan ia mengikutinya. Setelah itu, bebaskan ia bermain dengan ekspresinya sendiri.

• Gunakan lipstik berwarna merah dan cium pipi bayi Anda yang berusia 11 bulan. Jika ia menggosok pipinya, berarti ia tahu pasti siapa yang berada di dalam cermin itu. (M&B/SW/Dok. Pixabay)



Tags: bayi,   cermin








Related Article