Mother&Baby Indonesia
Kenalkan Bayi pada Musik yuk, Moms! Ini Manfaatnya

Kenalkan Bayi pada Musik yuk, Moms! Ini Manfaatnya

Bagi seorang bayi, musik menjadi sesuatu yang sudah sangat familiar untuknya. Hal ini disebabkan adanya kepekaan memori Si Kecil yang mampu mengingat bunyi-bunyian, misalnya dari detak jantung, suara Anda, lagu maupun musik yang didengarnya sejak masih dalam kandungan.


Hal ini pun membuatnya tinggal menunggu waktu saja untuk memperlihatkan kemampuan tersebut kepada Anda. Namun ternyata, ada 2 hal yang bisa Moms lakukan untuk agar Si Kecil semakin mengenal musik sejak dini. Simak penjelasannya dari Mother&Baby Indonesia berikut ini:




Memperdengarkan Musik

Saat janin berusia 13-16 minggu, indra pendengarannya sudah mulai berfungsi. Ia sudah dapat mendengar suara Anda maupun musik yang diputar. Di usia tersebut, merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkannya dengan musik.

Jenis musik mana yang paling tepat? Beberapa ahli mengemukakan jika musik klasik adalah yang terbaik. Alunan musik klasik yang memiliki berbagai macam harmoni, diyakini dapat membuat janin tenang dan relaks. Namun sebenarnya Anda bisa memperdengarkan musik apa saja, seperti jazz atau pop.

Jangan berhenti hanya selama hamil saja, tetapi penuhi hari-hari Si Kecil dengan musik. Dari lahir hingga usia 3 bulan, Si Kecil menyukai musik berirama lembut. Ia akan merasa tenang jika Anda menyanyikan lagu Nina Bobo atau memutarkan instrumen lullaby sebagai pengantar tidur.



Sementara di usia 3-9 bulan, telinganya mulai peka dengan bunyi bernada tinggi dan mulai mengenali melodi yang sering ia dengar. Perdengarkan lagu riang kepada Si Kecil dan berikan mainan yang mengeluarkan bunyi.


Mengajaknya Bersenandung

Sekitar usia 1 tahun, Si Kecil sudah mulai bisa bersenandung mengikuti alunan musik yang ia dengar. Tetapi senandungnya mungkin tidak terdengar jelas, karena kemampuan bahasanya belum berkembang sempurna.

Untuk mendukungnya, nyanyikanlah lagu di setiap aktivitasnya, seperti saat bangun tidur, mandi, maupun saat tidur. Perdengarkan berbagai jenis genre musik dan bunyi-bunyian, seperti bunyi drum, bunyi seruling, piano, dan lain-lain.

Jangan pernah lelah melakukan semua hal tersebut. Sebab, aktivitas ini jika dilakukan secara berulang-ulang, juga bermanfaat mengasah kemampuan bahasa anak Anda. Jadi, Moms tak perlu ragu mengenalkan musik pada Si Kecil lagi ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   musik,   tumbuh kembang








Cover Maret 2020