Mother&Baby Indonesia
7 Langkah Sederhana agar Produksi ASI Lancar

7 Langkah Sederhana agar Produksi ASI Lancar

Tidak sedikit dari Moms yang baru bisa mengeluarkan ASI setelah beberapa hari melahirkan. Salah satu penyebabnya adalah persiapan yang kurang awal. Karena itu, sangat penting untuk melakukan persiapan sejak dini.

 

Saat awal mengandung, ibu hamil sudah bisa mulai melakukan persiapan agar bisa memberikan ASI pada bayinya kelak. Lakukan persiapan untuk memproduksi ASI, bahkan sejak trimester pertama kehamilan.




Selain memerhatikan asupan makanan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlancar produksi ASI. Simak 7 langkah sederhana berikut ini, Moms.

 

1. Pijat payudara. Hal ini perlu dilakukan agar kelenjar susu bisa memproduksi air susu yang banyak. Pijat bagian putting payudara secara perlahan sejak usia kandungan 3 bulan.


2. Pada usia kehamilan 4 hingga 9 bulan, Anda juga bisa melakukan pemijatan menggunakan minyak kelapa selama 10 menit per hari. Minyak kelapa juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran di payudara dan putting susu.




3. Kompres payudara. Mengompres payudara dengan air hangat juga dapat membantu memperlancar produksi ASI.


4. Banyak minum air putih. Tak hanya menyehatkan tubuh dan menjaga kesegaran kulit, meminum air putih dalam jumlah banyak juga dapat membantu Moms memperlancar produksi ASI.


5. Cukup istirahat. Pastikan Moms cukup tidur, agar tubuh siap memproduksi ASI dengan lebih baik.


6. Hindari stres. Suasana hati juga memengaruhi produksi ASI. Hindari stres dan berusahalah untuk tetap happy.


7. Pelancar ASI. Jika perlu, konsumsi suplemen untuk memperlancar produksi ASI. Konsultasikan dengan dokter kandungan agar dapat memilih suplemen yang bisa Anda konsumsi.


Jika Moms penasaran dengan asupan terbaik agar produksi ASI lancar, selengkapnya bisa di baca di Majalah Mother & Baby edisi Januari 2018. Selain itu, terdapat informasi mengenai nutrisi terbaik yang bisa Si Kecil konsumsi mulai dari ASI hingga makanan pendamping dan asupan lainnya. (Vonia Lucky/TW/Dok. mymidwife.ca)



Tags: langkah,   asi,   lancar,   bayi,   laktasi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020