Home - Bayi - Perawatan Bayi / 10 Januari 2018 / Redaksi

Siapa Sih Biasanya Pelaku Paedofil Itu?

Kekerasan atau pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja. Belum lama ini kita mendengar berita video mesum anak kecil yang sangat disayangkan bisa muncul. Orangtua pun banyak yang mencoba mencegah aksi kekerasan atau pelecehan seksual, tapi tetap saja kedua hal itu masih saja ada disekitar kita. Ada saja kita dengar anak kecil mengalami kekerasan atau pelecehan seksual. Apa yang sebenarnya terjadi?

 

Menurut psikolog anak dan remaja dari Yayasan Pulih, Ika Putri Dewi. M.Psi, orang tua banyak yang belum sadar pelaku kekerasan seksual itu orang terdekat kita. Apakah itu tetangga, tukang jajanan yang setiap hari lewat, dan lainnya. Padahal, kekerasan seksual terjadi biasanya orang yang kita kenal dia.

 

“Jadi, bukan karena kita kenal seseorang dan pengawasan jadi kendor. Bukan yang kecolongan 'ah, enggak apa-apa kok, saya udah kenal dia ini'. Enggak bisa gitu sekarang ini,” ungkapnya dalam wawancara eksklusif via sambungan telepon dengan redaksi Mother&Baby, Selasa (4/1/2018).

 

Ini bukan paranoid atau menciptakan ketakutan ke orang tua, tambah Ika. Karena fakta pelaku seksual orang terdekat itu sudah ada di depan mata kita sendiri, dan kenyataan pahir ini harus disampaikan supaya orang tua sadar.

 

“Orangtua harus mulai sadar bahwa urusan pendidikan seks bukan hal tabu lagi, bukan lagi zamannya orangtua jadi ketakutan dan zamannya ' ini tidak perlu atau itu perlu'. Karena pelaku seksual itu tidak kelihatan dari luar bahwa dia pelaku seksual. Jadi, sudah saatnya orangtua terbuka (pemikirannya), agar anak punya kemampuan menjaga diri sendiri dimasa depan. Entah wujudnya bilang 'tidak mau' bila ada orang mengajak jalan, langsung datang orangtua atu gurunya tau teriak,” ungkapnya. (Qalbinur Nawawi/Dok. Pexels)

 

Adapun untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendidikan seks, Moms bisa memantau Motherandbaby.co.id selama seminggu ini. Karena pada minggu ini topik yang kami angkat mengenai Pendidikan Seks pada Anak.  Dan bakal ada topik-topik lain yang penting untuk para ibu atau calon ibu tahu tentang dunia parenting.

 

Baca juga:

Agar Anak Anda Tak Alami Pelecehan Seksual, Caranya...

Kapan Anak Diajarkan Pendidikan Seks? Ini Kata Psikolog

 

share to BBM




OTHER ARTICLES

Moms, Coba Ini, Cara Efektif Mengecilkan Lengan

Masalah Ibu Menyusui: Produksi ASI Sedikit

Ketahui Tipe Balita Picky Eater: Sensory Responder

Moms Wajib Tahu, 3 Keterampilan Bermain dengan Bayi

Hamil 4 Bulan, Maya Septha Tak Betah Hanya di Rumah