Mother&Baby Indonesia
Ibu Ini Lahirkan Bayi Kembar Pasca Operasi Kanker Mata

Ibu Ini Lahirkan Bayi Kembar Pasca Operasi Kanker Mata

Seorang ibu dari Carolina Selatan didiagnosis menderita kanker mata di usia kandungan delapan bulan. Wanita bernama Jessica Boesmiller berusia 37 tahun ini sebelumnya telah menjalani operasi pada 30 November dan akhirnya melahirkan dua anak kembar pada 21 Desember 2017.

 

Pada awalnya, Jessica yang bekerja sebagai direktur YMCA mengalami penglihatan kabur di satu mata yang dikaitkan dengan kehamilannya. "Saya tidak menyadarinya sampai saya pulang kerja malam tapi saya mengira hal ini karena kelelahan saja," kata Jessica kepada Daily Mail Online. "Setelah itu saya tidak merasa nyaman menyetir."



 

Selama lima hari ia merasakan tidak nyaman pada penglihatan, ia pun berkonsultasi pada dokter karena khawatir dirinya mengalami preeklampsia atau komplikasi terkait kehamilan lainnya. Ternyata kenyataannya lebih berbahaya, karena terdapat tumor pada mata Jessica yang menutupi setengah bola matanya.

 

Setelah tiga minggu diagnosis, Jessica pun menjalani operasi untuk melepaskan mata kanannya yang terkena tumor di Duke Hospital di Durham, North Carolina. Jessica sendiri mengidap kanker melanoma okuler, yaitu tumor yang berkembang pada sel pigmen yang memberi warna pada mata.

 

Tumor yang termasuk ganas ini tumbuh pada lapisan tengah mata, sehingga sulit dideteksi penderita saat melihatnya di cermin. Sel melanoma okular sendiri diyakini tidak disebabkan karena paparan sinar matahari langsung. Berbeda dengan kanker kulit dari sel melanoma kulit, meski diproduksi dari sel yang sama dalam tubuh.

Penyakit ini termasuk cukup berbahaya dan bisa merenggut nyawa penderitanya, terutama jika sudah menjalar ke organ hati. Penyakit langka ini hanya berpengaruh pada 2.500 orang dewasa di AS. Untuk di wilayah Carolina Selatan sendiri, sebagian besar penderitanya adalah wanita muda.

 

Untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, Jessica dan suaminya, Mark memutuskan untuk mengoperasi bagian mata Jessica pada 30 November. Mereka pun tidak melakukan kemoterapi atau terapi radiasi karena khawatir akan berdampak pada kesehatan anak mereka.



 

Dengan durasi pasca operasi mata dan menjelang operasi persalinan yang baik, Jessica pun bisa melahirkan sepasang anak kembar yang sehat. Mereka diberi nama Piper Marie yang berbobot 6 pound 8 ons, dan Mason Dare yang beratnya 6 pound 1 ons.

 

 

Meski dokter menyatakan jaringan kanker tidak mengenai plasenta saat bayi dalam kandungan, kedua anak kembar ini tetap diperiksa MRI dan CT Scan. Mark bersama dua anak tertuanya, Conner, 9, dan Caleb, 7, setia menemani sang ibu dan hasil pemeriksaan yang diharapkan baik adanya.

 

Setelah kondisinya yang semakin membaik, Jessica pun akan menerima mata palsu pada Februari nanti. Meski untuk sementara Jessica harus memakai penutup mata dalam merawat anak-anaknya, ia tidak menyesal sama sekali. "Ibu bajak laut pasti sangat menyenangkan," ujar Jessica.

 

Keluarga ini pun berharap agar sang ibu bisa kembali sehat seperti sedia kala. Kedua anak kembar Piper Marie dan Mason Dare pun bisa tumbuh dengan baik tanpa harus merasakan sakit akibat tumor yang menurun padanya. Kita doakan yang terbaik untuk kebahagian keluarga ini, ya Moms! (Vonia Lucky/TW/Dok. DailyMail)



Tags: ibu,   persalinan,   bayi kembar,   kanker mata,   melanoma okular








Cover Maret 2020