Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 6 Januari 2018 / Redaksi

Moms, Ini Buah & Sayuran yang Baik untuk Si Kecil

Moms, Ini Buah & Sayuran yang Baik untuk Si Kecil

Tidak hanya Anda, Si Kecil juga perlu menjalankan pola makan seimbang. Ya, para ibu tak hanya mulai memberi asupan karbodhirat-protein, tapi juga vitamin dan mineral. Seperti yang dikatakan Ikatan Dokter Anak Indonesia, bahwa Moms perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk anak, bahkan sejak ia mulai mengonsumsi MPASI.

 

Mengutip dari laman situs IDAI, "Vitamin dan mineral yang juga harus diberikan pada makanan pendamping ASI terutama zat besi, seng dan vitamin A karena kandungan zat tersebut pada ASI sudah tidak dapat mengejar kebutuhan bagi si bayi."

 

Untuk memenuhi vitamin dan mineral, Moms dapat memberi Si Kecil buah dan sayuran. Akan tetapi, apakah Moms sudah tahu buah dan sayuran yang baik untuk anak?  Bila jawabannya 'belum', tak usah cemas. Sebab, di bawah ini ada berbagai rekomendasi buah dan sayur yang bisa Anda jadikan pegangan, seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (5/1/2018).

 

Stroberi

Ya, buah ini sangat bagus untuk bayi Anda, Moms. Jangan pikirkan rasa asamnya, pertimbangkan saja vitamin yang ada dan bakal Si Kecil terima bila ia makan. Sebab, stroberi mengandung banyak vitamin E yang baik melindungi dan membangun perkembangan organ jantung serta pembuluh darah besar bayi.

 

Leci

Buah dengan rasa manis ini banyak mengandung serat dan aneka vitamin. Cocok untuk bayi 8 bulanan yang sedang butuh banyak vitamin untuk tubuh kembangnya.

 

Raspberry

Buah ini juga bagus buat anak bayi lho, Moms. Sebab, raspberry mengandung asam ellagic yang terbukti memberi perlindungan ke bayi supaya tubuhnya punya kekuatan melawan kanker . Selain itu, buah berwarna biru mengandung banyak serat dengan jumlah kalori sedikit.

 

Jeruk

Zat besi bagi sangat diperlukan bayi untuk membentuk tumbuh kembangnya. Akan tetapi, zat besi hanya bisa diserap bila vitamin C dalam tubuh bayi banyak. Dan untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup buat Si Kecil, Moms bisa mendapatkannya di buah jeruk.

 

Tomat

Warna merah dalam buah tomat merupakan gambaran banyaknya jumlah antioksidan dalam buah. Dan bukan pula antioksidan biasa yang ada di dalamnya, tapi likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan terkuat. Bila Si kecil terbiasa makan ini, tak hanya kebutuhan mineral dan vitaminnya terlengkapi, tapi tubuhnya jadi tak mudah terserang kanker dan penyakit-penyakit terkait jantung.

 

Wortel

Ah, pasti Moms sudah tidak asing dengan sayuran ini. Ya, wortel banyak dipilih para ibu karena kandungan beta karoten-nya. Yang mana bagus untuk membangun fungsi penglihatan anak. Jadi, pastikan kulkas Moms selalu memiliki stok wortel yang banyak, ya!

 

Sayuran

Sementara untuk sayuran, aneka sayuran berwarna hijau bagus untuk bayi berumur 8 bulan sampai 1.2 tahun. Sebab, mereka mengandung phytochemicals yang ampuh membantu mencegah kanker datang dan penyakit-penyakit terkait jantung. (Qalbinur Nawawi/Dok. Pexels )

 

share to BBM


RELATED ARTICLE

5 Manfaat Pemberian Finger Food untuk Bayi

4 Cara Tepat Memenuhi Asupan Zat Besi Anak

8 Trik Jitu Menerapkan Baby Led Weaning (BLW) pada Bayi



OTHER ARTICLES

Moms, Coba Ini, Cara Efektif Mengecilkan Lengan

Masalah Ibu Menyusui: Produksi ASI Sedikit

Ketahui Tipe Balita Picky Eater: Sensory Responder

Moms Wajib Tahu, 3 Keterampilan Bermain dengan Bayi

Hamil 4 Bulan, Maya Septha Tak Betah Hanya di Rumah