Mother&Baby Indonesia
Yuk, Lestarikan Dongeng Melalui Ruang Digital

Yuk, Lestarikan Dongeng Melalui Ruang Digital

Mendongeng merupakan hal yang lumrah dilakukan para orang tua dan sangat disukai Si Kecil. Saat ini, dongeng tidak hanya dibacakan lewat buku, tetapi kegiatan mendongeng pun juga sudah bisa dilakukan melalui media digital, yaitu dengan melakukan pencarian di Google atau YouTube.

 

Banyaknya orang tua, guru, pengajar yang sudah secara aktif mencari dan menonton konten untuk anak-anak di YouTube, menjadi dasar lahirnya inisiasi untuk membawa lebih banyak lagi cerita rakyat dan dongeng Indonesia yang lekat dengan sejarah serta kebudayaan.



 

Maka Youtube bekerja sama dengan Ayo Dongeng Indonesia untuk mengkurasi dongeng serta cerita rakyat dari 34 provinsi Indonesia untuk diperkenalkan pada generasi muda dan melestarikan warisan Kebudayaan Indonesia dengan mendigitalisasi kisah-kisah khas Indonesia melalu platform YouTube.

 

Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari #DongengYuk. Indonesia adalah negara penuh cerita. Semoga anak2 Indonesia akan mengalami lebih dari indahnya dunia crita lewat #DongengYuk” kata Ariyo Zidni, Founder Ayo Dongeng Indonesia pada acara #DongengYuk, Sabtu (27/01).



 

Hal ini juga disambut baik oleh pihak Direktorat Jendral Kebudayaan. “Usaha semacam ini perlu dikembangkan lebih jauh ke depan sehingga kekayaan dongeng dan cerita rakyat dari 4 provinsi yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia dapat masuk dalam imajinasi generasi muda,“ Ujar Fahmi Farid, selaku Direktur Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI.

 

Wah semakin memudahkan kita untuk mendongeng untuk Si Kecil ya, Moms? 34 cerita dari berbagai provinsi di Indonesia ini bisa Moms akses di Channel YouTube Google Indonesia melalui tagar #DongengYuk. (Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik)



Tags: dongeng,   membaca,   bacaan,   anak,   balita