Mother&Baby Indonesia
12 Aktivitas Seru untuk Liburan di Rumah Bersama Anak

12 Aktivitas Seru untuk Liburan di Rumah Bersama Anak

Siapa bilang liburan seru hanya bisa diwujudkan dengan jalan-jalan ke luar negeri? Moms bisa memberikan liburan seru tak terlupakan, walau hanya liburan di rumah! Bagaimana ya caranya? Yuk ikuti 12 aktivitas seru untuk liburan di rumah bersama anak berikut ini. Tidak hanya menyenangkan lho, Moms, 12 aktivitas ini juga membuat hubungan Anda dan anak semakin dekat.

1. Lomba Menghias Kue
Menghias kue bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Moms bisa membuatkan kue mangkok atau kue kecil lainnya dan buat perlombaan menghias kue. Sediakan icing atau krim kocok serta hiasan berupa chocochip, gula-gula aneka warna, atau juga meses sebagai topping.

Moms juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga atau teman Si Kecil untuk mengikuti lomba ini. Selain bisa memenangkan hadiah, keceriaan juga terbangun sambil menikmati kue hasil karya lomba tersebut.




2. Movie Marathon
Saat di luar sedang hujan, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk menonton film bersama. Genre film tentunya disesuaikan dengan usia anak dan memiliki sisi edukatif. Namun, ada cara menyenangkan agar tidak hanya sekedar menonton saja.

Moms bisa menyiapkan meja yang dijadikan seperti meja loket dan arahkan anak untuk menjadi petugas penjual karcis. Sediakan juga popcorn dan cemilan lainnya untuk menemani saat menonton. Jadi, sebelum duduk di sofa, Moms dan anggota keluarga lainnya bisa membuat suatu transaksi beli karcis dan cemilan dengan Si Kecil. Terbayang, kan, melihat anak menjadi pelayan kita dan bisa merasa puas dengan apa yang mereka lakukan itu.


3. Berburu Serangga
Jika rumah Anda memiliki taman atau dekat dengan taman, ajak Si Kecil untuk berburu serangga. Hal ini dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak. Selain itu juga mampu memunculkan jiwa petualang dan kemandirian mereka.

Yang perlu disiapkan hanya jaring dan botol kecil untuk menyimpan serangga yang tertangkap. Serangga ini bisa disimpan dan dijadikan bahan belajar Si Kecil untuk menambah pengetahuan mereka. Anda bisa melepaskannya ke alam bebas setelah dua hari di simpan dalam botol.


4. Fashion Show
Anak-anak, khususnya perempuan sudah paham apa artinya cantik. Mereka bahkan mencari tahu apa itu make up dan mencoba berbagai produk ke wajah mereka. Anak perempuan juga biasanya sudah bisa memilih pakaian mana yang membuatnya terlihat cantik meski hanya di rumah saja.

Kemudian, Moms bisa membuatkan sebuah panggung catwalk untuk anak melakukan fashion show. Biarkan mereka bereksperimen dalam menentukan pakaian hingga aksesoris yang ingin dikenakan. Untuk dandanan, Moms bisa membantu mereka agar tidak mengaplikasikan secara berlebihan. Lalu, siapkan berbagai lampu warna-warni yang diletakkan di lantai dan putar musik tempo cepat untuk menambah semarak penampilan Si Kecil.


5. Main Rumah-rumahan
Meskipun hanya di dalam rumah, Anda bisa mengajak Si Kecil membangun rumah-rumahan atau tenda dari bahan sederhana. Bisa dengan kain sprei tempat tidur yang diletakkan di bawah atas tatanan bangku-bangku. Moms juga bisa menjahitkan kain apapun yang dijadikan seperti bentuk rumah, lalu letakkan sebagai penutup meja makan. Si Kecil pun bisa bermain di dalamnya layaknya sebuah rumah atau tenda. Moms ingin mencoba membuatnya? Berikut panduan cara yang bisa diikuti, ya.

()


6. Membuat Prakarya
Kegiatan lainnya juga bisa dilakukan dengan membuat sebuah prakarya. Moms bisa mengajak Si Kecil membuat sesuatu dari benda-benda sederhana. Seperti membuat tempat menaruh pensil yang terbuat dari stik es krim.

Siapkan cat warna lalu aplikasikan pada stik es krim yang sudah disediakan. Lalu tempel stik es krim menurut pola yang diinginkan sesuai permintaan Si Kecil. Tidak hanya meningkatkan krativitas, juga membuat anak lebih memahami tentang bentuk benda 3D.



Mau inspirasi membuat prakarya seru dan mudah dibuat bersama anak? Klik saja YouTube channel Mother&Baby Indonesia, dan pilih playlist Art&Craft ya, Moms.


7. Bercocok Tanam
Mengajarkan anak tentang bercocok tanam juga bisa dilakukan sebagai pengisi waktu liburan nih, Moms. Selain biji tanaman yang mudah ditemukan, cara menanam dan merawatnya pun tidak terlalu sulit. Pot yang digunakan juga bisa menggunakan benda apapun seperti ban bekas atau ember yang sudah tidak digunakan.

Jika memungkinkan, ajarkan anak untuk menanam berbagai tanaman dari bunga atau rempah-rempah yang mudah diingat sejak kecil.


8. Membuat Pertunjukkan
Bosan menonton film saja? Bisa kok diganti dengan membuat pertunjukan sendiri di rumah. Banyak hal yang bisa dibuat seperti penampilan drama, menyanyi, menari, atau penampilan sulap sederhana. Pementasan bisa dilakukan saat makan malam kecil atau di pekarangan dengan mengundang teman dan keluarga lainnya.


9. Percobaan Sains
Percobaan sains adalah permainan belajar yang sangat menyenangkan dan pasti disukai setiap anak. Mereka bisa melihat bagaimana dunia bekerja jauh lebih menyenangka ketika mereka mampu menciptakan sesuatu seorang diri. Banyak percobaan yang tidak memerlukan bahan kimia apapun, seperti membuat roket dari botol bekas dan minuman bersoda atau Anda bisa mencari referensi lainnya di internet.


10. Membangun Lego
Salah satu permainan, Lego sudah menjadi favorit anak-anak laki-laki maupun perempuan. Banyak hal yang bisa dibuat menggunakan Lego, dari bentuk seperti manusia hingga mobil-mobilan. Penyusunannya oun bebas sesuai imajinasi dan kreativitas yang membuatnya.

Untuk membuatnya tidak membosankan, buat perlombaan membuat Lego dengan meniru suatu model yang telah ditentukan. Pemenangnya bisa didapat dari bentuk yang paling mirip dengan aslinya. Jadi siapapun bisa ikut bermain dan memenangkan hadiah sepeti cemilan favorit.


11. Bermain Bubuk Warna
Moms bisa menyediakan bubuk warna yang biasa digunakan pada festival Holi di India. Caranya, hanya dengan mengajak anggota keluarga ke pekarangan, lalu mainkan musik gembira dan melemparkan bubuk warna ke udara.

Pilihan lain dengan mengadakan color run, di mana pesertanya adalah Si Kecil serta teman-teman dan keluarga lainnya. Setiap peserta menggunakan seragam kaos putih polos, lalu mulai berlari di taman atau jalanan yang sepi. Kemudian siapkan pistol dengan air yang sudah dicampurkan bubuk warna dan tembakkan pada peserta selama berlari. Kegiatan ini tentu sangat menyenangkan bagi semua anggota keluarga yang mengikutinya.


12. Perosotan Basah
Perosotan atau slip n' slide ternyata bisa dibuat sendiri loh, Moms. Ambil kain plastik hitam yang besar, lalu beri air dan sabun agar licin saat dilewati. Dekatkan dengan kolam renang portabel dan perosotan pun siap dimainkan. Cuaca panas pun tidak mengalahkan keceriaan Si Kecil dan semua yang ikut bermain bersama mereka di pekarangan rumah. (Vonia Lucky/TW/Dok.Freepik)



Tags: liburan,   anak,   rumah,   aktivitas,   menyenangkan