Mother&Baby Indonesia
7 Tips Memberi Nama Bayi Kembar

7 Tips Memberi Nama Bayi Kembar

Selamat, anak Moms lahir kembar! Kebahagiaan pun menjadi berkali-kali lipat karena kehadiran dua anak (atau lebih!) sekaligus memiliki keunikannya masing-masing. Sayangnya, pemilihan nama menjadi salah satu masalah sederhana yang cukup tricky untuk dilakukan. Bagi yang sedang bingung memberi nama calon bayi kembar Anda, 7 tips berikut ini bisa dipakai untuk membantu Moms memilih nama yang pas dan sesuai dengan si kembar.

 

1. Jangan Terlalu “Matchy



Umumnya, anak kembar memiliki nama yang mirip seperti Raffa dan Raffi atau Amalina dan Amalia. Memiliki anak kembar bukan berarti namanya juga ikut kembar. Boleh sama dalam jumlah suku kata, namun penggunaan nama diusahakan tidak terlalu mirip. Hal ini mungkin akan berpengaruh saat anak sudah tumbuh besar dan tidak menyukai kemiripan di nama mereka.

 

2. Buat Sebuah Tema

Moms bisa gunakan tema dalam nama, seperti lebih modern atau mengambil dari nama pewayangan. Contoh nama kembar bisa seperti Nakula dan Sadewa yang unik namun dengan tema yang sama. Sesuaikan juga dengan nama akhir Anda sebagai orang tua agar tidak terdengar aneh ketika disebutkan nama lengkap mereka.

 

3. Sesuaikan dengan Kenyataan

Maksudnya Moms harus bisa memanggil Si Kecil dengan nama dan panggilan yang lebih mudah. Jangan sampai anak kembar memiliki nama bagus namun sulit dipanggil. Selain itu, pikirkan juga nama panggilan si kembar agar Moms tidak memanggil mereka dengan sebutan 'Kembar atau twins!'

 

4. Pilih Nama yang Seimbang



Moms dan Dads harus cermat dalam menentukan nama untuk si kembar. Pilih nama yang seimbang, baik dari pengucapan yang unik atau arti yang bagus. Contohnya untuk anak kembar perempuan dan laki-laki, Kayla Adonia dan Rafael Adithya.

 

5. Pengucapan Mudah

Sebelum memberi nama, Moms harus bisa mengucapkan nama pilihan dengan baik. Jika sulit, cari alternatif lain dengan pelafalan yang lebih mudah. Ucapkan berkali-kali supaya Anda juga dapat memanggil nama si kembar dengan lebih baik.

 

6. Hati-Hati dengan Kembar Berpasangan

Jika Moms memiliki anak kembar sepasang, laki-laki dan perempuan, penentuan nama menjadi lebih tricky. Cari nama yang tidak terkesan bisa dipakai untuk berbagai gender seperti Zac dan Zoe yang bisa dianggap sebagai anak kembar yang semuanya laki-laki. Hal ini akan berpengaruh pada panggilannya di sekolah oleh teman-teman dan gurunya.

 

7. Menentukan Nama Panggilan

Meski nama lengkapnya sudah sempurna, nama panggilan tetap harus dipikirkan. Terutama jika nama mereka cukup mirip, akan sulit menentukan nama panggilan yang berbeda. Seperti Anna dan Anthony yang bisa sama-sama dipanggil An disaat bersamaan. Jadi sesuaikan juga nama panggilannya agar tidak menyusakan Moms dan orang dekat mereka. (Vonia Lucky/TW/Dok.Freepik)



Tags: tip,   memberi nama,   bayi,   bayi kembar