Mother&Baby Indonesia
Asupan Gizi yang Penting di Masa Kehamilan

Asupan Gizi yang Penting di Masa Kehamilan

Tumbuh kembang Si Kecil sudah dimulai sejak masih dalam kandungan. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan gizi yang harus dipenuhi pada masa kehamilan. Selain mendukung tumbuh kembang Si Kecil, pemenuhan gizi saat hamil juga memberi banyak bermanfaat bagi tubuh Anda lho, Moms.

 

Dikutip dari buku What To Expect When You're Expecting, pengaturan pola makan untuk ibu hamil tidak hanya semata-mata untuk perkembangan Si Kecil, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh Moms. Manfaat lainnya, menurunkan risiko kehamilan, seperti janin yang terlahir cacat, atau proses persalinan yang sulit.



 

Menurut World Health Organization (WHO), pengaruh asupan gizi ibu saat hamil terhadap tumbuh kembang anak sebagai intergenerational effect atau dampak antar generasi. WHO menyatakan bahwa risiko terjangkitnya sebuah penyakit kronis dapat diturunkan oleh ibu hamil yang menjalani pola hidup dan lingkungan yang buruk.

 

Hal lain yang harus Moms perhatikan asalah jumlah maupun jenis gizi yang harus dikonsumsi selama sembulan bulan kehamilan tidak selalu sama. Ini karena kebutuhan tubuh Anda dan Si Kecil terus berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu, Anda perlu memahami kebutuhan gizi yang harus dipenuhi per trimester.


Trimester I

Masa ini identik dengan masa pembentukan. Janin Anda baru terbentuk pada masa ini. Hampir seluruh jaringan serta organ tubuh yang utama seperti tulang dan otak mulai dibentuk pada masa ini. Pertumbuhan ini harus disokong dengan asupan karbohidrat serta kalori yang tepat, agar Si Kecil memiliki energi yang cukup untuk bertumbuh.



 

Selain Si Kecil, Anda juga membutuhkan asupan karbohidrat dan kalori untuk tubuh Anda sendiri. Pada minggu-minggu awal kehamilan, tubuh Anda tentu terasa tidak sebugar biasanya. Bahkan mungkin mual dan muntah memenuhi hari-hari Anda. Kondisi yang tidak mengenakan ini terjadi karena rahim mulai bersiap-siap menjadi rumah bagi Si Kecil untuk sembilan bulan ke depan.

 

Selain karbohidrat dan kalori, Anda membutuhkan lebih banyak kalsium karena tulang Si Kecil mulai dibentuk pada masa ini. Zat besi juga merupakan mineral yang penting untuk Anda konsumsi pada masa ini. Tambahan zat besi akan mencegah anemia pada tubuh Anda, serta membentuk plasenta yang dibutuhkan oleh Si Kecil sebagai penyalur makanan dari tubuh Anda ke tubuh mungilnya.

 

Jangan lupa untuk menambahkan asupan asam amino dan asam lemak omega 3agar pertumbuhan dan perkembangan jaringan otak Si Kecil dapat optimal. Makanan-makanan yang mengandung vitamin seperti vitamin A, B kompleks, serta C, juga harus tetap dikonsumsi sehingga kebugaran tubuh serta perkembangan Si Kecil semakin maksimal.


Untuk di trimester kedua dan ketiga, kebutuhan gizi yang didapat dari makanan sehari-hari ternyata mengalami perubahan, nih Moms. Untuk lebih jelasnya, Moms bisa membaca di Majalah Mother & Baby edisi Januari 2018. Tersedia juga tabel berisi manfaat hingga jumlah makanan yang bisa Moms jadikan panduan selama hamil juga. (Gabriela Agmassini/Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   hamil,   makanan,   gizi,   nutrisi,   kehamilan sehat