Mother&Baby Indonesia
Bisa Cegah Keguguran, Ini 7 Manfaat Zat Besi bagi Bumil

Bisa Cegah Keguguran, Ini 7 Manfaat Zat Besi bagi Bumil

Saat ibu hamil ingin bayi mereka terlahir dengan sehat, upaya yang umumnya dilakukan ialah mengonsumsi makanan kaya gizi lebih banyak dari biasanya. Mulai dari asam folat, kalsium, sampai lemak.

 

Hal itu sendiri sudah terbukti dalam penelitian, bahwa diet seimbang membantu janin tumbuh sempurna dan sehat. Nah, Moms mau Si Kecil terlahir sehat? Caranya gampang: tambahkan asupan zat besi. Kenapa sih bumil harus mengonsumsi zat besi lebih banyak? Simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir laman Boldsky.



 

Bangun sistem imun

Zat besi berfungsi membangun sistem imun ibu dan anak. Dan, imunitas yang kuat penting untuk ibu hamil agar mencegah penyakit. Sebab, jika sistem imun ibu bagus, ia tak hanya dapat melindungi dirinya tapi juga janinnya.

 

Bantu produksi enzim

Organ tubuh kita bisa berfungsi dengan baik karena bantuan enzim. Dan pasokan zat besi yang masuk ke tubuh, bisa membuat produksi enzim berjalan baik.

 

Memproduksi lebih banyak darah

Selama hamil, tubuh kita butuh darah lebih banyak dari biasanya. Dan lewat asupan zat besi yang cukup, produksi darah dalam tubuh bisa lebih banyak.

 

Membangun otot

Janin membutuhkan zat besi yang cukup, khususnya saat trimester kedua dan ketiga, untuk membangun otot-otot janin. Oleh karenanya, semua dokter kandungan menyarankan untuk menaikkan asupan dosis zat besi saat hamil.



 

Tekan risiko keguguran

Zat besi yang cukup juga bisa menekan risiko keguguran. Itu bisa terjadi karena zat besi meningkatkan darah yang dibutuhkan agar bayi terus tumbuh sehat.

 

Cegah kelahiran prematur

Zat besi dengan membantu meningkatkan produksi pasokan darah untuk bayi juga membantu janin mengembangkan organ tubuhnya hingga terbentuk sempurna dan berfungsi normal. Atau dengan kata lain, asupan zat besi yang cukup mengurangi risiko kelahiran prematur atau kelahiran sebelum waktunya.

 

Jaga berat badan bayi

Kematian bayi yang tinggi saat ini salah satu fakotrnya karena bobot bayi yang rendah saat lahir. Tapi, lain ceritanya bila janin saat hamil mendapat pasokan zat besi. Ya, bila pasokan zat besi yang cukup, ia akan berkembang secara normal dan akan memiliki berat badan yang sehat.

 

Percepat penyembuhan kehamilan

Manfaat zat besi ternyata dirasakan juga pasca kelahiran. Zat besi membantu membantu fungsi organ tubuh berjalan normal, sehingga para ibu bisa cepat melakukan aktivitasnya. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Free pik)



Tags: zat_besi,   kandungan,   kehamilan,   tips,   nutrisi,   gizi,   janin,   kesehatan,   keguguran,   bblr,  










Cover April 2020