Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil

10 Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil

Mungkin Moms sering mendengar mitos tentang minum air kelapa saat hamil. Salah satunya, minum air kelapa dapat menyebabkan bayi terlahir tanpa rambut atau botak. Ternyata mitos itu tidak benar, Moms!

 

“Bayi yang lahir mengalami kebotakan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk genetik, obat-obatan, nutrisi, hormonal, dan lain-lain. Warna kulit bayi yang lahir dipengaruhi oleh faktor genetik. tidak ada bukti yang menunjukkan hubungan minum air kelapa hijau dengan kebotakan dan warna kulit bayi.” tulis dr. Sudung O. Pardede, Sp.A(K), dkk, dalam karyanya yang berjudul Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi.



 

Dilansir dari Momjunction, minum air kelapa saat hamil justru memberikan banyak manfaat untuk Anda dan janin lho, Moms! Mau tahu apa saja manfaat tersebut? Simak 10 manfaat ini, yuk.

1. Diuretik alami

Air kelapa adalah minuman diuretik yang meningkatkan hasrat Anda untuk berkemih, karena adanya kandungan potasium, magnesium, dan mineral. Hal ini membantu membuang racun dalam tubuh dan membersihkan saluran kemih. Selain itu, air kelapa juga meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah infeksi juga batu ginjal. Dan tentu saja, air kelapa juga efektif mencegah bumil dari infeksi saluran kemih.

 

2. Sumber elektrolit

Saat hamil, kebutuhgan tubuh Anda akan elektrolit meningkat, tentu saja karena beberapa kondisi khusus seperti morning sickness yang membuat tubuh dehidrasi. Air kelapa memberikan stok 5 elektrolit penting untuk tubuh Anda, yaitu: mineral, sodium, kalsium, potasium, dan phosphorus, yang menenangkan tubuh dan memberi energi.
 

3. Meredakan heartburn

Perubahan hormon selama hamil membuat Anda sering merasakan heartburn, konstipasi, dan masalah pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam air kelapa membantu memperkuat sistem pencernaan, melancarkannya, menormalkan kadar pH, dan mencegah konstipasi. Ya, tidak hanya enak, air kelapa juga memperbaiki metabolisme tubuh dan melakukan detoksifikasi pada tubuh bumil.

 

4. Memberantas infeksi

Air kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang tentu saja meningkatkan sistem imun tubuh hingga Anda lebih kebal pada infeksi. Menurut Michelle-Lee Young pada bukunya bertajuk Two Trees and Twelve Fruits That Will Change Your Life Forever, minuman enak ini mengandung lauric acid, turunan asam lemak yang bertanggung jawab untuk menghasilkan antivirus monolaurin pada tubuh. Lauric acid adalah asam yang memberantas bakteri jahat dan infeksi seperti flu bahkan HIV!
 

5. Meningkatkan kesehatan jantung



Dengan mengonsumsi air kelapa, maka kadar potasium, magnesium, dan lauric acid dalam tubuh Anda juga meningkat. Hal ini tentu saja membantu menormalkan tekanan darah. Selain itu, kandungan dalam air kelapa juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan memerangi kolesterol jahat!
 

6. Menjaga berat badan

Tidak hanya enak, air kelapa juga bebas lemak dan rendah kalori lho, Moms! Ketika kehamilan membuat berat badan Anda meningkat, air kelapa mencegah pengumpulan lemak dengan memberantas kolesterol jahat. Inilah pengganti minuman manis yang ramah bumil!
 

7. Enak alami

Saat membaca tulisan ini, Moms pasti sedang membayangkan sedang menikmati air kelapa dingin di tepi pantai. Ah segarnya! Bagaimana tidak, kelezatan air kelapa memang alami, tanpa perasa buatan atau komponen merugikan lainnya. Air kelapa sangat aman dan baik untuk janin Anda.

 

8. Memberi energi

Air kelapa adalah minuman isotonik alami, yang membantu Anda mendapatkan energi kembali setelah kelelahan. Jadi, jika bumil kelelahan setelah berolahraga, tidak perlu minum minuman isotonik dalam kemasan lagi ya sekarang.
 

9. Mengoptimalkan tumbuh kembang janin

Bagi ibu hamil, air kelapa memberikan segala nutrien yang Anda butuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sedangkan untuk janin, air kelapa meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan memberi nutrisi yang dibutuhkan.

 

10. Meningkatkan air ketuban

Bagi bumil yang sudah memasuki trimester tiga, perbanyaklah minum air kelapa karena cara ini efektif meningkatkan jumlah air ketuban. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan volume dan sirkulasi darah dalam tubuh Anda, Moms. Selamat berkreasi dengan air kelapa! (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   air_kelapa,   kehamilan,   kandungan,   janin,   tips,   manfaat










Cover Mei-Juni-Juli 2020