Mother&Baby Indonesia
10 Hal Wajib Tahu saat Hamil Pertama

10 Hal Wajib Tahu saat Hamil Pertama

Memasuki tahun baru 2018, serangkaian harapan baru juga turut menyertai semua orang. Tak terkecuali para pasangan yang mendambakan seorang malaikat kecil untuk melengkapi keluarga kecil mereka. Jika Anda adalah salah satu calon ibu, 10 hal berikut ini penting untuk diketahui agar siap menjalani masa kehamilan hingga menyambut buah hati tercinta lahir ke dunia.

 

1. Memastikan Kehamilan

Jika Anda merasakan tanda-tanda dasar kehamilan seperti mual atau pusing, jangan terburu-buru menyimpulkan Anda sedang hamil. Lakukan tes yang paling mendasar, yaitu dengan tes urine menggunakan testpack yang banyak dijual di pasaran.



Setelah yakin, Anda dan pasangan bisa bertanya pada dokter kandungan untuk memastikan kondisi tersebut. Hal ini tentu bisa semakin menyiapkan diri Anda dan pasangan dalam menjalani masa kehamilan.

 

2. Konsultasi Rutin

Dalam masa kehamilan, konsultasi dengan dokter tentu wajib dilakukan untuk mengukur kesehatan ibu dan anak. Selain itu, juga melihat perkembangan yang terjadi pada janin, yang jelas terlihat melalui USG.

Saat berkonsultasi, jangan lupa untuk melihat riwayat kesehatan keluarga. Hal ini untuk meminimalisir janin berkembang dengan tidak sempurna karena adanya kelainan genetik, juga menjaga agar calon bayi bisa lahir dengan sehat dan baik adanya.

 

3. Menerima Vaksinasi

Selama mengandung, kesehatan Anda sebagai calon ibu menjadi sangat penting karena kondisi ini juga akan memengaruhi kondisi calon bayi. Maka, ada beberapa vaksin yang perlu Anda terima demi menjaga kesehatan diri dan kandungan.

Beberapa jenis vaksin seperti vaksin tetanus, hepatitis B, vaksin influenza dengan bakteri tidak aktif yang diberikan sebelum virus flu menyebar, hingga vaksin difteri dan pertusis juga diberikan pada calon ibu. Tentu saja untuk menjaga agar kondisi sang calon ibu serta kandungannya akan selalu sehat.

 

4. Memantau Perubahan

Perubahan baik bentuk tubuh maupun kebiasaan tertentu bisa terjadi pada Anda saat mengandung. Hal ini normal terjadi, namun perlu dicatat agar dapat membantu proses pemeriksaan saat berkonsultasi pada dokter.

Termasuk juga ketika terjadi pendarahan saat masa kehamilan. Terkadang hal ini bisa terjadi layaknya menstruasi. Jika warnanya coklat atau merah mudah kontras, kemungkinan hanya menstruasi biasa. Namun untuk memastikannya, Anda bisa konsultasikan pada dokter kandungan.

 

5. Memilah Konsumsi Makanan

Saat hamil, Anda tentu perlu menjaga asupan makanan untuk menjaga diri dan janin. Pilih makanan yang memiliki gizi dan protein tinggi, serta hindari konsumsi kafein atau alkohol untuk meminimalisir risiko anak lahir tidak sempurna.



Dokter kandungan dapat membantu Anda dengan membuatkan menu khusus untuk ibu hamil. Dengan menjaga pola makan dan menu yang dikonsumsi, juga menjadi pengaruh tersendiri untuk berat badan Anda. >Hal yang terpenting adalah menjaga nutrisi yang juga menjadi asupan untuk bayi dalam kandungan.

 

6. Rasa Tidak Nyaman=Wajar

Mengalami kehamilan bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak hal yang membuat Anda menjadi tidak nyaman dengan kondisi tubuh sendiri. Posisi apapun seperti berdiri, duduk, hingga tidur bisa mengganggu Anda karena rasa tidak nyaman yang dirasakan.

Masalah seperti sembelit dan muntah juga bisa menguras energi Anda. Untuk menguranginya, konsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda dalam menjalani kegiatan dengan lebih nyaman.

 

7. Aktivitas Gerak Tubuh

Menggerakkan tubuh saat hamil sangat perlu dilakukan sebagai latihan meningkatkan energi. Hal ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil serta mampu membantu proses kelahiran kelak. Aktivitas ini juga ternyata mampu meningkatkan sistem tubuh bayi dalam kandungan.

 

8. Memahami Labor Pain

Mendekati waktu kelahiran, Anda akan mengalami rasa sakit atau biasa disebut labor pain. Hal ini perlu Anda tanyakan pada dokter untuk penjelasan yang lebih jelas agar memudahkan proses melahirkan nantinya. Salah satu tandanya adalah kontraksi yang semakin meningkat pada durasi tertentu. Agar berlangsung dengan baik, melakukan jalan kaki teratur mampu membuat wanita merasa lebih nyaman saat proses persalinan.

 

9. Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang kehamilan adalah dengan menghindari kesibukan menit-menit terakhir. Karenanya, Anda bisa membeli beberapa pakaian, alas bayi, selimut, baju hangat (tergantung musim), dan peralatan makan terlebih dahulu. Kegiatan ini pun bis menjadi sarana yang mampu meningkatkan hubungan antara Anda dan bayi dalam kandungan.

 

10. Belajar Cara Mengasuh

Setelah melahirkan, tanggung jawab yang utama bagi Anda dan pasangan adalah menjadi orang tua dan mengasuh anak. Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau berdiskusi dengan orang tua, tema, saudara atau membaca buku untuk melengkapi diri dengan pengetahuan tentang kehamilan dan cara mengasuh anak. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   persalinan,   ibu,   persiapan








Cover Maret 2020