Home - Balita - Tanya Ahli Balita / 25 Januari 2018 / Redaksi

Perlukah Anak Diberi Suplemen Buah dan Sayur?

Dijawab oleh: dr. Marudut, B.SC., MPS, Ahli Gizi dan Anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI)


 

Tanya:



Anak saya kurang suka makan buah dan sayur. Duh, butuh perjuangan deh untuk memberikan menu sehat yang satu itu. Saya jadi khawatir Kiana kekurangan gizi karena tidak mau mengonsumsi buah dan sayur. Perlukah anak diberi suplemen yang mengandung buah dan sayur?

Sonya, ibu dari Kiana Adhara, 4.


 

Jawab:

Pemberian suplemen sayur dan buah sebagai pengganti sayur dan buah alami untuk Si Kecil dapat mengubah pola makan orang Indonesia kepada sesuatu yang instan, dan menggiring mereka untuk memiliki pola instan sejak usia dini dan berdampak pada masa depannya nanti.



 

Secara holistik, pemberian suplemen yang mengandung sayur dan buah juga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini kelak akan berdampak pada saluran pencernaan yang tidak berfungsi dengan baik.

 

Jika kita mengonsumsi sayur dan buah alami, tentu organ-organ saluran pencernaan akan bekerja sesuai jenis sayuran dan buah yang diasup dan enzim pencernaan bisa lebih mudah bereaksi dengan sayur dan buah yang alami.

 

Membiasakan anak makan sayur dan buah alami dapat membuat anak menyukai sayur dan buah di masa yang akan datang. (Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Manfaat Asam Lemak bagi Tubuh Anak

Mitos Tentang Kejang

Anak Tak Mau Makan Nasi, Apa Akibatnya?

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung