Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 26 Januari 2018 / Redaksi

Obat Bisa Merusak Gigi Anak? Ini Jawaban Dokter!

Dijawab oleh: dr. Fransiska Farah, Sp. A (RSPI)

 

Tanya:



Anak saya mengalami sakit paru-paru sejak umur 8 bulan, dan harus terus mengonsumsi obat secara berkala tiap harinya. Karena konsumsi obat dalm bentuk sirup yang terus menerus gigi anak saya yang baru tumbuh itu menjadi terkikis. Apa yang harus saya lakukan?

 

 

Jawab:

Ibu, mengonsumsi obat setiap hari memang bukan perkara yang menyenangkan baik bagi anak maupun orangtua, namun hal itu memang sangat diperlukan untuk kesembuhan penyakit si kecil.

 



Gigi yang terkikis bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kebersihan gigi yang kurang, gula, pemanis buatan atau jika pada anak yang mendapatkan susu formula biasanya disebabkan karena minum susu dengan menggunakan botol dan dot sembari tidur sehingga gigi mudah menjadi karies.

 

Efek samping obat, jika secara spesifik karena obat yang harus dikonsumsi dalam jangka waktu lama seperti obat TB (tuberculosis) sebenarnya tidak menyebabkan gigi terkikis atau karies ataupun efek samping lain seperti pewarnaan pada gigi.

 

Obat atau zat kimia lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi antara lain amoksilin, tetrasiklin, ciprofloxasin, glibenklamid dan fluorida. Untuk menghindari gigi anak menjadi terkikis atau rusak karena karies kita dapat mengajarkan anak untuk terbiasa menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur serta minum air putih setelah makan. (Binar Murgati Pardini/DON)


 

 

 


RELATED ARTICLE

Cara Mengetahui Bayi Cukup Zat Besi

Mitos Tumbuh Gigi Pengaruhi Kemampuan Berjalan Anak

Ini Penyebab Bayi Demam saat Tumbuh Gigi

OTHER ARTICLES

Moms, Ini Cara Membuat Anak Menjadi Si Happy Eater

Postnatal Anxiety, Takut Berlebih Ibu Baru pada Bayinya

Saat Anak Tidak Mau Lepas dari Ibunya, Mesti Bagaimana?

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bagaimana Mengatasi Perbedaan Pandangan soal Anak?