Home - Kehamilan & Persalinan - Tanya Ahli Kandungan / 12 Januari 2018 / Redaksi

Ini Tips Dokter Kandungan untuk Cegah Risiko Keguguran

Dijawab oleh dr. Zulkifli T.S. Tjaniago, Sp.OG

 

Tanya: Tahun lalu saya keguguran pada usia kehamilan 10 minggu. Sungguh traumatik. Dokter tidak memastikan apa penyebabnya. Saya mau mencoba hamil lagi, tetapi takut hal itu terulang lagi. Apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi risiko keguguran?

Fitria Dewanti, 30.

 

Jawab: Keguguran seringkali menyebabkan kecemasan akan kehamilan berikutnya. Sebenarnya keguguran adalah kasus yang sering terjadi (20 persen kehamilan mengalami keguguran) dan umumnya terjadi sebelum usia 12 minggu. Kebanyakan tidak dapat diketahui apa penyebabnya. Jadi tak perlu menyalahkan diri sendiri.

 

Pastikan secara emosional Anda sudah siap, sebelum proses kehamilan berikutnya. Wajar kalau Anda cemas, tetapi jangan sampai keguguran yang lalu meningkatkan risiko keguguran pada kehamilan berikutnya. Kalau sudah siap, pastikan Anda melakukan diet seimbang.

 

Hindari alkohol, kafein, dan nikotin, karena unsur itu dapat mempengaruhi kemampuan untuk hamil. Anda harus mengonsumsi 400mcg asam folat per hari, terutama sebelum hamil dan selama 12 minggu pertama kehamilan. Asam folat juga membantu janin tumbuh optimal dan mengurangi risiko kelainan pada saluran syaraf bayi. (Tiffany/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Bolehkah Ibu Hamil Diet?

Tanya Dokter: Posisi Seks Paling Aman saat Hamil

Pentingkah USG 4 Dimensi?



OTHER ARTICLES

Terlalu Bersih Ternyata Tidak Selamanya Baik untuk Bayi

Cara Cerdas Belanja Bulanan

The Great 50 Show

3 Mitos Tentang Wanita dan Uang yang Perlu Moms Ketahui

Amankah Menikmati Makanan Pedas saat Hamil?