Mother&Baby Indonesia
Jalani Diet Ketat? Ini Dampaknya Bagi Tubuh Anda!

Jalani Diet Ketat? Ini Dampaknya Bagi Tubuh Anda!

Demi mendapatkan bentuk tubuh ideal, banyak orang yang rela jalani cara instan seperti diet ketat. Padahal, menjalani diet ketat bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan lho, Moms! Anda tidak melakukan diet itu, kan?

 

Ya, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran Anda untuk melakukan cara itu. Menurut dr. Michael Triangto, Sp.KO, dokter spesialis dokter olahraga di  Slim + Health Sports Therapy, diet ketat atau mengurangi jumlah makan dan minumnya dalam porsi besar, memberikan efek negatif yang signifikan bagi tubuh.



 

Umumnya, orang yang menjalankan diet ketat ini akan mengalami gangguan lambung. Mulai dari yang paling ringan – seperti mual, kembung, dan muntah-muntah, sampai luka pada lambung yang ditandai dengan muntah berwarna hitam. Dan efek konkretnya, produktivitas bisa turun drastis atau aktivitas harian bisa terganggu (bahkan terhenti!).

 

“Selain itu, dari gangguan lambung itu, Anda akan mengalami penurunan konsentrasi, efektivitas kerja atau rasa malas yang sering muncul meski tak berhubungan langsung dengan diet ketat,” ungkapnya dalam buku Holiday Diet & Sports Therapy: Diet Nikmat, Tubuh Sehat.

 



Bila gangguan tersebut terus berlanjut tanpa penanganan tepat, maka tentu saja bisa berujung dengan gangguan kesehatan (bahkan kejiwaan) yang tentunya akan menambah beratnya permasalahan. Kalau sudah begini, bukan tak mungkin berakhir dengan kematian.

 

“Gangguan kesehatan yang tidak perlu terjadi ini tentunya harus dihindari dengan mengenali apa penyebab kelebihan berat badan, memahami cara mengatasinya dan membakukan metode penurunan berat tersebut. Jika itu bisa dilakukan pediet, hasil yang diperoleh bisa bertahan untuk waktu lama,” urai dokter Michael.

 

Oleh sebab itu, simpulnya, masyarakat perlu mendapat informasi tentang diet yang sehat. Anda bisa mendatangi ke pusat kesehatan atau dokter spesialis nutrisi untuk mencari tahu diet yang sehat. Tujuannya, agar berat badan yang diturunkan tetap membuat tubuh sehat, bugar dan juga cantik. (Qalbinur Nawawi/ Dok. Freepik & Pexels)



Tags: diet,   overweight,   kesehatan,   bugar