Mother&Baby Indonesia
4 Resolusi Pola Makan untuk Anak

4 Resolusi Pola Makan untuk Anak

Memberikan makanan pada Si Kecil memang tidak mudah, dan pasti Moms pernah melewati masa sulit ketika harus memberi makan untuk anak. Nah, agar drama itu tidak terulang lagi di 2018 ini, mari ikuti 4 resolusi pola makan berikut ini yuk, Moms.

 



1. Jangan bernegosiasi dengan Anak

Dua suap lagi ya, Nak!” Pasti Moms pernah mengatakan hal seperti ini bukan? Namun hal ini ternyata tidak baik dilakukan. Dilansir dari Parents.com, lebih baik anda membiarkan Si Kecil untuk memutuskan seberapa banyak makanan yang ingin ia makan. Jika ia makan terlalu sedikit di waktu makan utama, simpan sisa makanan utama tersebut, lalu nanti diubah menjadi kudapan baru agar bisa diberikan kembali pada saat waktu ngemil tiba.

 

2. Sajikan Sayur Pada Jam Makan Siang atau Waktu Ngemil

Jika Anda menyajikan sayuran diwaktu makan siang atau waktu ngemil, hal ini tidak membuat Si Kecil merasa tertekan jika disuruh makan sayur seperti ketika mulai diberikan pada waktu makan malam tiba. Jadi jika pada saat makan malam Si Kecil tidak memakan banyak sayuran pun tidak masalah, karena Si Kecil sudah mendapat banyak sayur ketika jam makan siang nya.



 

3. Tetap Sajikan Makanan Penutup atau Dessert

Makanan penutup seharusnya bukan dijadikan sebagai rewards untuk Si Kecil. Moms juga tidak perlu untuk menahan memberikan dessert pada Si Kecil sebagai hukuman karena ia susah makan pada saat makan makanan utama. Namun jangan juga jadikan dessert sebagai “alat tawar menawar” agar Si Kecil mau memakan makanan utamanya pada saat makan malam. Tetap sajikan dessert ketika ia makan malam, agar Si Kecil mau menghabiskan makanan utamanya terlebih dahulu, lalu mendapatkan jatah makanan penutupnya.

 

4. Sajikan Satu Jenis Makanan Saja

Jika Moms hanya menyajikan satu makanan yang sama untuk Si Kecil dan keluarga, nantinya anak akan memiliki motivasi untuk mencoba makanan yang sama dengan yang orang lain makan. Si Kecil pun akan beradaptasi dengan makanan tersebut. Hal ini juga memberikan pelajaran bagi Si Kecil bahwa makanan yang disajikan untuk Si Kecil tidak harus selalu yang menjadi favoritnya. Moms hanya perlu memastikan bahwa di dalam satu meja, tersedia pula satu kudapan atau buah yang disukai Si Kecil dan keluarga. (Vonda Nabilla/TW/Freepik)



Tags: resolusi,   makan,   gaya_hidup,   snack








Cover Januari - Februari 2020