Mother&Baby Indonesia
Wow, Dongeng Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak!

Wow, Dongeng Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak!

Moms, ternyata banyak sekali lho manfaat dari membacakan dongeng pada Si Kecil. Selain untuk mengenalkan warisan bangsa Indonesia melalui dongeng atau cerita rakyat, ternyata mendongeng juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

 

Seperti yang dikatakan oleh Duta Baca Indonesia Periode 2016-2020, Najwa Shihab yang ditemui pada acara #DongengYuk di Jakarta. “Salah satu penelitian di Amerika misalnya menyebutkan mendongeng untuk anak 20 menit sehari saja bisa meningkatkan kecerdasan anak dalam hal membaca dan menulis sampai 2 kali lipat. Hal ini kurang lebihnya sama dengan 10 hari belajar di sekolah,” ujarnya.



 

Selain itu menurut Nana sapaan akrabnya, mendongeng pada anak juga bisa meningkatkan empati. Karena ada begitu banyak nilai-nilai universal yang terkandung dalam sebuah cerita rakyat atau dongeng, yaitu mengenai kebaikan hati, indahnya berbagi, merayakan keberagaman, kecerdikan, gotong royong, dan nilai-nilai yang sering kali abstrak tetapi akan bisa diajarkan kepada anak lewat karakter-karakter yang dibangun dari dongeng tersebut.

 

Manfaat lainnya dari membacakan dongeng pada Si Kecil adalah hubungan emosional yang tercipta antara anak dan orangtua yang mebacakan cerita itu akan menjadi semakin erat.



 

Wanita yang berprofesi sebagai jurnalis ini juga menghimbau para orang tua untuk mendongeng untuk Si Kecil. “Sudah waktunya kita sekarang untuk kembali mendongeng untuk anak kita. Karena itu bukan hanya cara kita untuk lebih dekat, tapi cara kita memastikan anak kita punya keluasan hati dan anak kita akan selalu menjadi anak yang curios, yang rasa ingin tahunya selalu tinggi,” jelas Najwa.

 

Yuk Moms, mendongeng untuk Si Kecil! (Vonda Nabilla/TW/Dok.YouTube)



Tags: dongeng,   cerita_rakyat,   storytelling








Cover Januari - Februari 2020