Mother&Baby Indonesia
Edukasi Hal-hal Baik pada Anak Lewat Dongeng

Edukasi Hal-hal Baik pada Anak Lewat Dongeng

Mengajarkan hal-hal baik pada Si Kecil memang tidak mudah. Dari sekian banyak cara yang mungkin dilakukan, dongeng bisa dipilih sebagai sarana edukasi untuk mengajarkan hal-hal baik untuk Si Kecil.

 

Menurut Ariyo Zidni, Founder Ayo Dongeng Indonesia, dongeng bisa dijadikan sarana edukasi karena pada dasarnya setiap orang senang mendengarkan cerita.



 

“Setiap orang itu bisa bercerita, dan dari dulu pun secara turun temurun semua hal-hal baik itu disampainkan lewat cerita. Jadi dongeng memang salah satu hal yang paling kuat untuk menyampaikan banyak hal, terutama hal baik.” Ujarnya saat ditemui pada acara #DongengYuk, di Museum Nasional, Sabtu (27/01).

 

Pria yang akrab disapa Kak Aio ini juga mengatakan bahwa tidak ada salahnya jika orang tua mau mendidik anaknya atau menyampaikan sesuatu lewat cerita. Menurutnya hal ini justru akan lebih didengarkan oleh Si Kecil, dibandingkan hanya dengan sekedar sebuah perintah atau sebuah intruksi.

 



Agar orang tua dapat mengedukasi anak lewat dongeng, Ariyo memberikan sebuah tips yaitu orangtua harus mencari waktu luang. "Kalau mau melakukan sesuatu untuk mendidik anak, harus benar-benar luangkan waktu. Termasuk kalau mau bercerita,” tegasnya.

 

Jadi Moms jangan mencari waktu luang untuk bercerita. Kita harus membuat waktu khusus yang kita peruntukan untuk Si Kecil. Misalnya Moms sempatkan mendongeng untuk Si Kecil setiap sepuluh menit sebelum ia tidur. (Vonda Nabilla/TW/Dok. Freepik)


Baca juga: Moms, Ini Rekomendasi Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak



Tags: dongeng,   cerita anak,   edukasi anak,   mendongeng








Cover Januari - Februari 2020