Mother&Baby Indonesia
Sudah Teruji! Ini 101 Cara Alami Atasi Flu pada Bayi

Sudah Teruji! Ini 101 Cara Alami Atasi Flu pada Bayi

Daya tahan bayi yang belum sempurna, kerap membuat dirinya mudah terkena flu. Dan sudah kalau dalam kondisi itu, ia bakal tidak nyaman dan gampang menangis.

 

Dalam kondisi itu, Anda sebagai orang tua jangan langsung mengambil obat dalam kotak P3K Anda. Ya, Moms bisa mengatasi flu Si Kecil dengan cara alami yang tersedia di rumah Anda. Apa saja cara alami itu? Di bawah ini kami sudah mengumpulkan cara alami yang bisa meredakan atau menghilangkan flu bayi Anda.



 

- Buatlah bayi Anda menghirup uap dari air panas. Caranya, tuangkan air panas ke dalam baskom atau ember kecil. Kemudian, dekatkan uap itu ke bayi, dan pastikan menghirup uang panas tersebut. Jangan terlalu dekat karena bisa membuat bayi kepanasan.

 

- Pijatlah bagian hidung bayi. Berikanlah pijatan yang lembut di bagian hidung dan alis. Pijatan ini dimaksudkan untuk mencairkan ingus yang mampat atau mengeluarkan ingus. Sehingga, si buah hati bisa lebih plong dalam bernapas.

 

- Bila ingus sudah mengeras, bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat. Lakukanlah dengan lembut agar tidak memunculkan iritasi.

 

- Tubuh yang dingin biasanya penyebab bayi mengalami flu. Oleh karenanya, hangatkan tubuh bayi Anda saat ia terkena flu ya, Moms. Anda bisa memandikannya dengan air hangat, atau menjemurnya di bawah sinar matahari.

 



- Sebaiknya bayi tidur dalam posisi miring, agar ia bisa bernapas dengan mudah. Bila hidung tersumbat pada sebelah kanan, maka posisikan Si Kecil menghadap kiri. Bila hidung yang tersumbat sebelah kiri, maka posisikan sebaliknya.

 

Kemudian, buatlah jadwal istirahat bayi lebih banyak dibanding sebelumnya. Hal ini untuk mempercepat penyembuhan flu pada bayi. Vandan Bhide, M.D, dokter anak di Saint Augustine - Florida, menerangkan bahwa waktu istirahat sangat berhubungan dengan sistem imunitas tubuh. Bila bayi banyak berisitrahat, maka proses untuk sembuh terjadi lebih cepat.

 

- Berikan larutan air garam ke hidungnya. Anda bisa memberikan dua tetes garam dengan menggunakan pipet tes ke hidung bayi, minimal tiga kali sehari. Tetesan garam bakal mencairkan ingus bayi dan membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Seberapa banyak garam yang Anda pakai? Anda bisa melarukan garam sekira setengah sendok makan garam dengan segelas air hangat. Dan jangan lupa, lakukan tip ini dengan hati-hati ya, Moms.

 

- Untuk membuat tubuh bayi hangat, Anda bisa memberikan minyak telon bayi plus campuran bawang merah ke dada, punggung dan perut bayi. Bawang merah dan minyak telon sudah teruji untuk menghilangkan atau menyembuhkan demam yang diakibatkan masuk angin pada bayi. Setelah membalurkan minyak telon dan bawang merah, lakukan pijatan lembut agar bayi Anda kian terasa hangat.

 

- Berikan teh hangat yang sudah dicampur madu dan jeruk nipis bila bayi sudah di atas umur 6 bulan. Campuran itu menguatkan imunitas bayi yang bisa membantu melegakan pernapasan pada bayi. (Qalbinur Nawawi/Dok. Pexels)

 



Tags: flu pada bayi,   mengobati flu pada bayi,   cara alami atasi flu