Mother&Baby Indonesia
6 Trik Ampuh Agar Si Kecil Mau Tidur Tepat Waktu

6 Trik Ampuh Agar Si Kecil Mau Tidur Tepat Waktu

Tidur menjadi kegiatan wajib untuk dilakukan setiap anak di malam hari. Si Kecil bisa mengistirahatkan tubuh mereka setelah satu hari menjalani segala aktivitasnya. Namun, tak jarang orang tua kesulitan mengajak anaknya untuk tidur tepat waktu. Nah, 6 trik berikut ini bisa Moms praktikkan agar Si Kecil bisa masuk ke kamar dan tidur sesuai jadwalnya.


1. Jadilah membosankan

Meski masih bayi, Si Kecil bisa kelelahan karena terlalu asik bermain. Maka mereka bisa tertidur di siang hari dan malah terbarung di malam hari. Jika hal ini terjadi, usahakan untuk menidurkan anak tanpa memberikan respon berlebihan. Daripada menggendong dengan mengucapkan berbagai hal, Anda cukup berdiam diri atau menyanyikan lagu dengan suara lembut.



 

Dengan sikap tenang ini, maka Si Kecil akan merasa Anda tidak sedang mengajaknya bermain atau cenderung membosankan. Mereka pun bisa lebih cepat tertidur karena perlakuan tersebut.


2. Bising Tapi Lembut (White Noise)

Anak kecil akan mereasa terganggu ketika terdapat suara seperti hentak kaki atau derit pintu sekecil apapun. Karenanya, Moms dan anggota keluarga lainnya harus meminimalisir suara apapun di sekitar Si Kecil saat waktunya tidur.

 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyalakan kipas atau suara lainnya yang cenderung kalem atau menenangkan. Suara tersebut bisa dari lagu, instrumen, atau suara angin yang berhembus. Hal ini akan sangat berpengaruh pada keinginan anak untuk bisa tidur lebih lelap. Namun perhatikan ketika lagu atau suara dalam bentuk MP3 selesai dan bisa membangunkan anak dari tidurnya.


3. Jaga Suhu Ruangan

Selain mematikan cahaya dalam kamar, suhu ruangan juga perlu diperhatikan ya Moms. Dengan suhu ruangan yang cenderung dingin, bisa membuat anak menjadi lebih cepat tertidur pulas. Hal ini dipengaruhi suhu tubuh yang juga ikut menurun saat kita mengistirahatkan tubuh.

 



Pakaikan juga baju khusus tidur seperti piyama dengan bahan yang ringan dan nyaman. Ketika dipakai, Si Kecil bisa tetap merasa sejuk namun hangat ketika tertidur. Moms juga bisa menyelimuti kaki anak agar seluruh tubuhnya bisa terasa hangat sekaligus sejuk di waktu yang sama.


4. Tidur Sendiri

Banyak orang tua merasa khawatir ketika membiarkan anaknya tidur seorang diri. Namun ternyata, hal ini dapat membuatnya lebih mudah tertidur. Ketika sudah tertidur pulas, Moms bisa meninggalkan ruangan dan membiarkan Si Kecil tidur sendiri. Jika anak mulai terbiasa tidur sendiri, maka ia tidak akan terbangun di tengah malam karena merasa tidak terlindungi saat tidak ada orang tua di sampingnya.


5. Rutinitas Tidur yang Konsisten

Selama anak belum memasuki usia sekolah, biasakan dirinya agar tidur pada jadwal yang dibuat. Jadikan kegiatan tidur sebagai rutinitas yang dijalankan secara konsisten dan dilakukan setiap hari. Mulai dari menyikat gigi hingga mempersiapkan diri tidur di atas tempat tidur.

 

Anda bisa melakukan banyak hal untuk membuat Si Kecil siap untuk posisi tidurnya. Mulai dari membacakan buku favorit, menyanyikan lagu lembut, atau membawakan benda kesayangannya seperti boneka beruang atau selimut. Dengan melakukannya secara rutin, anak juga akan lebih displin dengan waktu tidurnya.


6. Camilan Pengantar Tidur

Cara lain untuk membuat anak mengantuk dan ingin tidur juga bisa dengan memberikan makanan ringan. Moms bisa memberikan susu, biskuit atau sepotong buah untuk memancing rasa kantuknya. Namun, usahakan untuk tidak memakan camilan di atas tempat tidur. Lakukan di ruang makan dengan mengajaknya ngobrol sesaat dan setelah selesai makan, baru ajak Si Kecil ke kamarnya. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   tidur,   disiplin,   tubuh,   tips,   trik








Cover Maret 2020