Mother&Baby Indonesia
Apa Sih Keuntungan Memiliki Rutinitas Bersama Anak?

Apa Sih Keuntungan Memiliki Rutinitas Bersama Anak?

Saat masih kecil, Moms tentu memiliki beragam hal yang ditakutkan sebelum mencobanya. Hal ini pun terjadi pada anak kita di masa pertumbuhannya. Untuk itu, perlu dibentuk suatu rutinitas agar Si Kecil lebih mudah beradaptasi dengan situasi yang serupa.

 

Membuat suatu rutinitas bukan berarti menjadi aturan yang tidak boleh dilanggar. Setiap hal yang dilakukan bermaksud untuk mengajarkan anak agar bisa mengontrol diri dan lingkungannya. Memiliki rutinitas sehari-hari akan menjadikannya sebagai kebiasaan, sehingga Si Kecil juga bisa hidup lebih teratur dan disiplin nantinya.



 

Ketika Anda mengajarkan Si Kecil cara hidup teratur dan ikut melakukannya, maka berbagai keuntungan seperti berikut ini dapat Anda rasakan:

1. Mengurangi kemarahan. Jika anak sudah terbiasa dengan rutinitas seperti menyikat gigi, istirahat siang, atau mematikan televisi untuk makan, Anda bisa berhenti menjadi orang yang 'paling menyebalkan' di rumah karena mereka akan melakukannya tanpa disuruh.


2. Anak-anak akan menguasai sendiri aktivitasnya. Seiring waktu, mereka belajar menyikat gigi, menyiapkan ransel, dan lainnya tanpa perlu diingatkan. Anak senang jika bisa mengurus diri sendiri. Perasaan ini meningkatkan penguasaan pada diri Si Kecil.




3. Anak belajar konsep menunggu untuk hal yang mereka senangi. Anak Anda mungkin senang bermain di taman. Tapi ia akan belajar bahwa ia akan bermain di taman pada sore hari, dan ia akan menunggu hingga saatnya.


4. Rutinitas harian membantu anak terbiasa dengan jadwal, sehingga mereka lebih mudah mengantuk di malam hati dan tidur sesuai jam tidurnya.


5. Membantu orang tua memiliki momen berharga dengan anak. Orang tua perlu memiliki koneksi dengan anak setiap hari. Peluk lah anak setiap pagi atau menyebutkan anggota tubuhnya setelah mandi, misalnya “Ayo keringkan jempol, paha, perut.” jika hal ini dibuatkan menjadi kebiasaan, bisa membuat anak merasa aman dan melatihnya bekerja sama.


6. Aturan membantu orang tua memiliki harapan yang sesuai dalam keluarga. Dengan adanya aturan yang disepakati bersama, sebuah keluarga menjadi memiliki kebiasaan yang sehat dan semua berjalan lancar. (Midya Desiani/Vonia Lucky/TW/Dok Freepik)



Tags: anak,   disiplin,   rutinitas,   kebiasaan,   mendidik