Home - Balita - Perawatan Balita / 11 Januari 2018 / Redaksi

Anak Terserang Cacar Air? Redakan dengan 5 Hal Ini

Kebanyakan orang pernah terserang cacar air, paling tidak satu kali dalam hidupnya. Hal ini juga bisa saja terjadi pada anak Anda, baik yang sudah maupun belum menerima vaksin cacar air. Ada 5 yang hal yang bisa Moms lakukan ketika Si Kecil mengalaminya agar tetap ceria meski masih dalam masa perawatan.

1. Hindari Ibuprofen

Kandungan ibuprofen dalam obat dapat menyebabkan reaksi kulit saat Si Kecil mengalami cacar air. Maka, sebaiknya Moms menghindari obat-obat dengan kandungan ini seperti Nurofen. Cobalah memberi obat parasetamol atau sejenisnya dengan takaran yang disesuaikan dengan usia anak-anak, dan tentunya sudah sesuai anjuran dokter.


2. Hindari Kontak Fisik

Menurut situs National Health Service (NHS) dari Inggris, cacar air dapat menular terutama pada orang dengan kondisi tubuh yang sedang menurun. Jika anak Anda masih memiliki bintik-bintik merah dan merasa perih, gatal atau kesakitan, berarti mereka masih bisa menularkan cacar air pada orang lain. Karenanya, hindari kontak fisik dengan orang lain, terutama mereka yang rentan sakit.


3. Menggunakan Kimia

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan cacar air seperti menggunakan antihistamin oral. Obat ini tentunya direkomendasikan oleh apoteker untuk mengecilkan dan bahkan menghilangkan bintik-bintik cacar. Cara lainnya dengan mengoleskan krim ruam popok atau bedak khusus agar mengurangi rasa gatal pada tubuh Si Kecil.


4. Rasa yang Mengganggu

Jika bintik-bintik merah mulai pecah dan menyebabkan gatal yang menggangu anak, itu adalah tanda-tanda Si Kecil akan sembuh. Hal ini tentu akan membuat anak lebih rewel dari biasanya. Cara untuk mengatasi situasi ini dengan mengajaknya bermain, membuat prakarya, atau hanya menonton sebuah film. Moms juga bisa membuatkan kue sederhana untuk menghilangkan rasa tak nyaman Si Kecil.


5. Pergi Ke Luar Rumah

Meski sedang sakit, bukan berarti Moms tidak bisa mengajak Si Kecil untuk berjalan-jalan. Dengan pergi ke luar rumah, Moms dapat mengatasi rasa bosan anak yang harus beristirahat di dalam kamar. Saat keluar, Anda bisa memakaikan jaket pada anak, dan cari tempat yang sepi agar tidak menyebabkan orang lain tertular. Lokasi yang dipilih bisa taman dekat rumah dan membiarkan Si Kecil bermain sesaat. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

7 Tanda Anak Mengalami Infeksi Telinga Tengah

Kapan Anak Diajarkan Pendidikan Seks? Ini Kata Psikolog

Agar Anak Anda Tak Alami Pelecehan Seksual, Caranya...




OTHER ARTICLES

Ini Kata Psikolog Mengapa Mendidik Anak Harus Fun

Ibu Bekerja Mendidik Anak? Begini Caranya!

Yang Harus Diperhatikan Ibu Bekerja dalam Mendidik Anak

Menitipkan Anak pada Kakek Nenek? Boleh Kok! Asalkan...

Awas! Kenali 7 Gejala Kanker Ovarium Berikut Ini, Moms!