Home - Balita - Perawatan Balita / 10 Januari 2018 / Redaksi

7 Tanda Anak Mengalami Infeksi Telinga Tengah

Infeksi saluran tengah atau otitis media merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering menyerang anak dan bayi. Otitis media adalah infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah, tepatnya dia belakang gendang telinga. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat terserang otitis media, namun umumnya infeksi ini lebih sering menyerang bayi usia 6-15 bulan dan anak-anak di bawah 10 tahun.

 

Apa saja ya gejala anak mengalami otitis media? Simak 7 gejala berikut ini ya, Moms.



 

1. Keluar cairan dari telinga

Cairan berwarna bening atau kekuningan yang keluar dari telinga anak Anda bisa menjadi gejala otitis media. Menurut Momjunction, cairan itu adalah sel darah putih yang menyerang patogen.

 

2. Bau tidak sedap

Walau telinga anak Anda bersih, namun bau tidak enak bisa keluar dari telinganya. Bau ini berasal dari cairan yang keluar dari area telinga tengah yang terinfeksi.

 

3. Sering menarik telinga

Karena infeksi telinga tengah ini membuat anak merasa sakit atau tidak nyaman, maka Si Kecil sering menarik-narik atau bahkan mencubit telinganya.

 

4. Demam

Infeksi telinga tengah bisa membuat anak demam tanpa ada gejala lainnya yang terlihat. Demam ini bisa membuat suhu tubuh anak lebih dari 38 Celcius.



 

5. Kehilangan selera makan

Saluran eustachius yang membengkak bisa menyebabkan rasa nyeri ketika anak menelan makanan, tentunya karena tekanan di telinga tengahnya sedang tinggi. Hal ini sering menyebabkan Si Kecil kehilangan selera makan.

 

6. Mual dan muntah

Tekanan tinggi pada saluran eustachius dapat membuat Si Kecil merasa mual dan muntah.

 

7. Kehilangan keseimbangan

Telinga tengah yang membengkak dapat memberi tekanan pada labirin, sebuah bagian dari telinga tengah yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh. Tentu saja keseimbangan tubuh anak akan terganggu, sehingga ia berjalan zig-zag seperti akan jatuh.

 

Saran Dokter Anak:

Menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A, dari Brawijaya Woman & Children Hospital, Moms perlu waspada jika sampai keluar cairan dari telinga Si Kecil. Bawa segera Si Kecil ke dokter, karena ia mungkin menderita infeksi telinga tengah. Biasanya gejala infeksi telinga tengah didahului dengan demam, batuk, pilek dan rewel. Jagalah kebersihan telinga Si Kecil dengan membersihkannya secara teratur, tetapi ingat, jangan terlalu dalam membersihkannya. Setiap 3 bulan sekali, Anda juga bisa datang ke dokter anak untuk mengecek kesehatan telinganya. (Tiffany Warrantyasri/TW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Agar Anak Anda Tak Alami Pelecehan Seksual, Caranya...

Begini Cara Maya Septha Hadapi Rasa Cemburu Kakak-Adik

7 Tips Mencegah Anak Mabuk Perjalanan

OTHER ARTICLES

Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

Kolaborasi Spesial Live-Action Aladdin dari Indonesia

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda