Mother&Baby Indonesia
5 Alasan Bebas Bersalah Menitipkan Anak di Daycare

5 Alasan Bebas Bersalah Menitipkan Anak di Daycare

Kembali bekerja setelah cuti bersalin? Tentunya perasaaan Anda campur aduk. Mungkin Anda bingung antara melanjutkan karier atau menjadi ibu rumah tangga. Bila Anda memilih untuk melanjutkan karier, maka Anda perlu mencari daycare atau tempat penitipan anak yang tepat untuk Si Kecil. Lalu, tiba-tiba Anda merasa bersalah karena menitipkan anak di tempat tersebut.

 



Anda tidak sendiri, banyak orang tua lain yang juga merasa bersalah dengan keputusan tersebut. Seperti hasil penelitian terbaru oleh Myfamilycare.co.uk, 80 persen orang tua yang bekerja di Inggris merasa bersalah menaruh anaknya di daycare. Padahal, kenyataannya menaruh anak di daycare juga bagus untuk Si Kecil dan Anda, lho!

 

1. Mudah Bergaul

Salah satu keterampilan utama yang akan dipelajari bayi Anda di tempat penitipan anak adalah bagaimana bersikap ramah. "Dia menghabiskan sepanjang hari untuk berinteraksi dengan anak-anak lain dan juga orang dewasa lainnya, yang semuanya bermanfaat untuk perkembangan sosialnya," ujar Jenny Garrett, penulis buku Rocking Your Role. "Menurutku belajar bersosialisasi sama pentingnya dengan kemampuan perkembangan yang dia dapatkan selama tahap ini,” tambahnya lagi.

 

2. Menjadi Anak Baik

Sebuah studi oleh Institut Kesehatan di Amerika Serikat menemukan bahwa anak yang berad di penitipan anak, memiliki kualitas pencapaian akademik yang tinggi. Tidak hanya itu, kemampuan kognitifnya juga berkembang pesat. Mereka juga cenderung tidak berbuat nakal.

 

3. Kesehatan



Sebuah studi di jurnal JAMA Pediatrics, menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di tempat penitipan anak sebelum usia dua tahun memiliki lebih banyak infeksi pernafasan dan telinga. Namun, akan jarang sakit ketika sudah menginjak sekolah dasar dibandingkan anak yang dirawat di rumah.

 

4. Mandiri

Membiarkannya berada di tempat penitipan atau daycare dapat membuatnya lebih mandiri dibandingkan anak yang lain Karena ia tidak sering bertemu dengan Anda dan lebih sering bersosialisasi dengan teman-temannya.

 

5. Kebiasaan Baik

Di dalam daycare, Si Kecil juga akan diajarkan beberapa kebiasaan baik. Mulai dari tidur siang, berdoa sebelum makan, bahkan potty training!

 

Jadi, sudah tidak merasa bersalah lagi kan menaruh anak di daycare? (Seva/TW/Dok Freepik)



Tags: anak,   daycare,   pengasuhan,   balita








Cover Januari - Februari 2020