Mother&Baby Indonesia
Makan Ikan Mampu Memperbaiki Kualitas Tidur Anak

Makan Ikan Mampu Memperbaiki Kualitas Tidur Anak

Konsumsi ikan tidak hanya enak, namun juga terbukti baik bagi perkembangan anak. Menurut penelitian, omega-3 dengan asam lemak esensial ini bisa didapat dari berbagai jenis ikan, termasuk salmon, sarden, dan tuna. Menurut penelitian, kandungan omega-3 di dalamnya mampu meningkatkan IQ dan memperbaiki kualitas tidur Si Kecil. Selain itu, bagi anak yang mengkonsumsi ikan minimal seminggu sekali juga dapat lebih fokus dalam belajar.

 

Penelitian tersebut dilakukan pada 500 anak di China dengan jawaban 'tidak pernah' hingga ' satu minggu sekali' pada kuesioner. Kemudian dilakukan tes IQ yang hasilnya anak-anak yang menjawab 'satu kali seminggu' mendapatkan nilai 4.8 lebih tinggi dari mereka yang menjawab 'jarang' atau 'tidak pernah'.



 

Para orang tua pun ikut ditanyai mengenai kualitas tidur anak mereka. Dari jawaban mereka, didapat bahwa anak-anak yang mengonsumsi ikan cukup sering tidak mengalami lebih sedikit gangguan saat tidur. Hal ini menjadi bukti bahwa kualitas tidur mereka lebih baik secara keseluruhan.

 



Para peneliti pun menyarankan pada orang tua agar memberikan ikan sebagai asupan anak secara bertahap. “Anak-anak harus diperkenalkan sejak dini agar mereka bisa menikmati ikan selama pertumbuhannya. Jika tidak terbiasa, maka mereka akan terus menghindar jika diberi ikan nantinya,” jelas Jennifer Pinto-Martin, rekan penulis studi dan direktur eksekutif Penn's Center for Public Health Initiatives.

 

Untuk menyiasati, anak sudah bisa mulai diberikan ikan sebagai makanan pendamping sejak usia 2 tahun. Namun, pastikan Moms sudah melepaskan duri-durinya agar anak tidak tersedak tiba-tiba karena menelan duri tersebut. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   ikan,   meningkatkan,   kualitas tisur,   iq,   kecerdasan,   omega 3