Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 10 Januari 2018 / Redaksi

Atasi Depresi Pasca-Melahirkan dengan Bernyanyi

Depresi pasca-melahirkan? Hal ini sering terjadi, Moms. Untuk menurunkan depresi, berbagai cara bisa Moms lakukan, dan salah satu cara yang terbukti efektif adalah bernyanyi. Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun memberi efek yang cukup signifikan untuk menurunkan depresi pasca-melahirkan.

 

Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Psychiatry. Penelitian ini mengungkapkan bahwa bernyanyi dapat memulihkan rasa depresi ibu pasca melahirkan lebih cepat dari cara lainnya.

 

Para peneliti mengamati 134 ibu yang mengalami rasa depresi tersebut dan memisahkannya dalam tiga kelompok. Untuk kelompok pertama, para ibu diajak bernyanyi bersama. Kelompok kedua melakukan kegiatan yang menggunakan kreativitas. Pada kelompok ketiga, ibu-ibu tersebut diberi perawatan khusus seperti konsumsi obat anti-depresan dan perhatian penuh dari keluarga dan orang sekitar.

 

Dari ketiga kelompok ini, para ibu yang masuk ke kelompok bernyanyi memiliki hasil yang paling signifikan. Dari semua kelompok yang mengalami hasil baik selama 10 minggu, kelompok bernyanyi hanya perlu waktu selama enam minggu untuk hasil penurunan depresi sebanyak 35 persen.

 

Selama menjalani sesi tersebut, para ibu akan diajak bernyanyi berbagai lagu, seperti lagu pengantar tidur atau lagu lainnya dalam kelompok bernyanyi tersebut. Bahkan mereka bisa menciptakan lagu tentang keibuan dan menyanyikannya bersama-sama.

 

“Depresi pasca melahirkan menjadi masa yang sulit bagi sang ibu dan keluarganya. Namun, beberapa penelitian lain mengungkapkan bahwa meski dengan kemungkinan kecil, bernyanyi dapat menurunkan rasa depresi tersebut dengan lebih cepat dibanding cara lainnya,” jelas dr. Rosie Perkins, peneliti utama mengenai studi di atas.

 

Menurut dr. Trudi Seneviratne dari Fakultas Pranatal Royal College of Psychiatrists,”Saya sangat senang mendengar tentang bukti yang dikembangkan dari intervensi psikososial baru bahwa bernyawi dapat menjadi cara paling cepat untuk memulihkan wanita yang mengalami depresi pasca melahirkan.”

 

Ia pun berharap hal ini dapat dikembangkan dalam penelitian selanjutnya, untuk kelangsungan hidup ibu dan bayi mereka. Jadi, jika Moms mengalami rasa depresi atau tertekan setelah melahirkan anak, bernyanyilah. Ajak Si Kecil bernyanyi bersama dengan lagu-lagu yang mampu menenangkan hati atau lagu ceria lainnya agar suasana hati menjadi lebih baik. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

3 Jenis Depresi Pasca-Melahirkan

Risiko Ibu Kurang Tidur

Tips Hadapi Depresi Pasca Persalinan



OTHER ARTICLES

Berkah Jelang Lebaran, Audy Item Lahirkan Anak Kedua

Tanya Jawab Seputar Mudik Bersama Bayi dan Balita

Moms, Ini Caranya Ajari Anak Kelola Uang Lebaran

Supaya Si Mbak Kembali ke Rumah Lagi

Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Lebaran