Mother&Baby Indonesia
10 Cara Meredakan Sakit Punggung Pasca-Melahirkan

10 Cara Meredakan Sakit Punggung Pasca-Melahirkan

Tidak hanya saat hamil, sakit punggung juga masih sering dirasakan para ibu setelah melahirkan. Melahirkan memang proses yang menakjubkan, namun juga proses yang melelahkan bagi tubuh Anda. Itulah yang membuat ibu baru melahirkan masih sering merasakan sakit punggung. Alasan terbesarnya adalah karena tubuh Anda kelelahan karena stres fisik saat melahirkan.

 

Dilansir dari Momjunction.com, beberapa penyebab sakit punggung pasca-melahirkan adalah:



-Kehamilan dan persalinan membuat hormon-hormon di tubuh Anda fluktuatif, dan ada beberapa hormon yang fungsinya untuk merenggangkan otot juga sendi. Hal ini mungkin membuat Anda merasa tidak stabil dan dapat menyebabkan sakit, terutama ketika Anda banyak bergerak.

-Uterus Anda membesar selama kehamila, yang membuat otot perut Anda melemah. Hal ini memberi tekanan pada punggung, yang membuat Anda sakit.

-Pertambahan berat badan saat hamil juga menjadi penyebab sakit punggung.

-Proses melahirkan juga memberikan tekanan lebih kuat pada panggul, yang tentu memberi dampak pada punggung Anda.

 

Untuk meredakan sakit punggung setelah melahirkan, ikuti 10 cara berikut ini, Moms:

1. Jaga pertambahan berat badan

Jaga pertambahan berat badan  Anda agar sesuai dengan indeks massa tubuh yang disarankan oleh dokter kandungan Anda. Obesitas saat hamil dapat menyebabkan sakit punggung hebat saat dan setelah hamil lho, Moms.

 

2. Cukup olahraga

Pastikan Anda cukup olahraga selama hamil dan setelah melahirkan. Aktivitias fisik meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot, yang membantu mengembalikan fleksibilitas tubuh.

 

3. Istirahat dengan baik

Setelah melahirkan, beristirahatlah dengan baik. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, baik dari keluarga atau agen penyalur jasa profesional.

 

4. Jangan mengangkat barang berat

Hindari mengangkat barang-barang berat selama dan setelah hamil. Berilah tubuh Anda waktu untuk kembali pulih, Moms!

 



5. Posisi duduk yang tepat

Duduklah dalam posisi yang baik dan tepat. Terutama ketika menyusui, di mana Moms cenderung menunduk untuk mendekatkan payudara ke bayi. Untuk itu, sebaiknya Anda mendekatkan Si Kecil ke tubuh Anda, dan duduklah dengan posisi punggung lebih tegak saat menyusui.

 

6. Alas kaki yang nyaman

Gunakan alas kaki yang nyaman. Hindari penggunakan sepatu hak tinggi, dan gunakanlah flat shoes selama beberapa bulan setelah melahirkan.

 

7. Posisi menggendong yang nyaman

Jangan menggendong bayi atau balita Anda di panggul. Ketika travelling, gunakanlah baby carrier untuk menggendong Si Kecil.

 

8. Teknik mengangkat bayi yang benar

Jangan regangkan tangan Anda terlalu jauh untuk mengangkat bayi saat hendak menggendongnya. Lebih baik, dekatkan diri Anda pada bayi, dan angkat dia dengan lembut.

 

9. Posisi tidur

Tidurlah dengan posisi yang nyaman, dan jangan lupa gunakan bantal yang nyaman ya, Moms.

 

10. Mencoba yoga

Coba untuk mengikuti kelas yoga dan latihan lainnya yang dapat membuat tubuh Anda rileks. Aktivitas seperti ini juga dapat mempercepat sembuhnya sakit punggung dan tubuh bagian bawah setelah melahirkan, Moms. (Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik)



Tags: backpain,   kesehatan,   persalinan,   melahirkan,   wanita