Mother&Baby Indonesia
6 Perlengkapan Wajib saat Masa Menyusui

6 Perlengkapan Wajib saat Masa Menyusui

Setelah Si Kecil lahir dan Moms memasuki masa menyusui, maka kelancaran dan kenyaman menyusui menjadi hal terpenting di hidup ibu baru. Untuk itu, para ibu menyusui perlu dilengkapi dengan 'senjata' menyusui yang tepat. Simak 6 benda pendukung proses menyusui berikut ini yuk, Moms:

 

1. Hands-Free Breast Pump Bra



Penggunaan alat pompa ASI akan sangat membantu para ibu yang harus bekerja di luar rumah. Ketika sedang sibuk, kegiatan pompa ASI akan terasa merepotkan tetapi wajib dilakukan agar kualitasnya tetap terjaga.

Moms bisa memakai bra yang khusus untuk kegiatan memompa ASI. Bra ini akan menjaga alat pompa agar tetap bekerja tanpa terjatuh meski tidak dipegang manual. Anda pun tetap bisa melakukan pekerjaan dengan nyaman, walapun Anda akan ditatap sedikit aneh karena bentuknya oleh rekan sekantor.

 

2. Reuseable Nipple Shield

Saat menyusui, puting menjadi area yang cukup perlu diperhatikan. Beberapa hal seperti puting yang lecet atau terasa nyeri akan sangat mengganggu bukan hanya untuk si ibu, tetapi juga anaknya saat proses minum ASI.

Pelindung puting ini bisa sangat membantu Anda dalam menjaga puting agar tetap sehat, terutama saat terluka. Pelindung ini sendiri memiliki lubang kecil di bagian atas, sehingga bisa tetap digunakan saat proses menyusui. Bentuknya yang serupa dengan dot juga membuat anak tetap nyaman saat minum ASI.

 

3. Sticky Gels

Untuk merawat area menyusui, dibutuhkan juga semacam jel yang berfungsi tidak hanya merawat tetapi juga meredakan rasa tidak nyaman selama fase ASI eksklusif. Jel ini bisa disimpan di dalam pendingin, kemudian digunakan saat kulit puting berubah kasar, kering, atau berdarah dan bisa membuat Si Kecil tidak nyaman.

Penggunaannya hanya dengan melepaskan jel dari plastik pelindung, kemudian tempelkan pada area menyusui tersebut. Setelah rasa sakit hilang, jel bisa dilepas dan disimpan agar bisa digunakan kembali.



 

4. Nursing Pads

Selama fase menyusui, Moms sering merasa kesulitan ketika ingin bepergian. Hal ini dikarenakan rasa takut jika ASI 'bocor' dan terlihat pada pakaian langsung. Untuk mengatasinya, pakai bantalan khusus saat masih menyusui.

Masukkan bantalan pada bra, maka ASI yang keluar akan terserap pada bantalan, yang sifatnya serupa dengan pembalut pada umumnya. Situasi 'bocor ASI' pun bisa teratasi dengan mudah.

 

5. Gel Pack

Setelah menyusui, biasanya payudara akan terasa seperti bengkak atau nyeri sehingga membuat Anda tidak nyaman. Jika terjadi berkelanjutan, maka akan mengakibatkan mastitis atau infeksi saluran payudara yang dapat menggangu kelancaran ASI.

Karenanya, Moms bisa menggunakan gel pack lembut dan kenyal yang dipasangkan pada area payudara. Jika dipanaskan pada microwave selama beberapa menit, maka akan meringankan mastitis dan kelembutan payudara. Namun, jika dimasukkan di freezer, akan menghilangkan rasa nyeri dan bengkak setelah menyapih.

 

6. Nipple Cream

Saat puting mulai kering hingga mengalami iritasi, gunakan krim khusus untuk meredakannya. Biasanya bertekstur agar berminyak dan bisa digunakan sebelum menyusui anak. Tentu saja harus diperhatikan agar bisa memilih yang aman untuk Si Kecil saat proses minum ASI. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: perlengkapan,   menyusui,   asi,   pompa asi